APLIKASI PENGAMANAN EKSTENSI FILE MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI ONE TIME PAD (OTP) DAN ELLIPTIC CURVE CRYPTOGRAPHY (ECC)

Heri Santoso, Mhd Zulfansyuri Siambaton

Abstract


Keamanan suatu data rahasia sangat penting untuk dijaga. Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi. Kriptografi merupakan cabang ilmu yang berperan dalam keamanan dan kerahasiaan suatu data. Untuk mengamankan data tersebut dalam dilakukan penerapan ilmu kriptografi yang bertujuan untuk mengubah data asli (plaintext) menjadi data terenkripsi (ciphertext), Tulisan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan referensi tentang bagaimana cara kerja algoritma One Time Pad dalam mengamankan data untuk ekstensi file. Dan juga bagaimana cara kerja algoritma Elliptic Curve Cryptography dalam mengamankan data menggunakan kunci publik. Pembahasan ini akan menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengenkripsi ekstensi file.


Full Text:

PDF

References


Aprilia, Shieny. 2009 Analisis dan Implementasi Elliptic Curve Cryptography dan Aplikasinya pada Sistem File Save Game Nintendo Wii. Departemen Teknik Informatika – ITB

Garefalakis,Theodoulos. Primality Testing, Integer Factorization, and Discrete Logarithms. 2000. Toronto:Department of ComputerScience, University of Toronto.

Indriani, Susi. 2011. Kriptografi Kurva Eliptik dengan Proses Pertukaran Kunci Diffie-Hellman. Skripsi. Medan, Indonesia : Universitas Sumatera Utara.

Munir Rinaldi, 2006, Kriptografi, Informatika Bandung.

Schneier, B. 1997. Applied Cryptography, 2nd Edition. New York: John-Willey & Sons.

Sentot ,Kromodimoeljo , 2009, Teori dan Aplikasi Kriptografi.

Tirtawinata, Kevin. 2010. Studi dan Analisis Elliptic Curve Cryptography. Bandung:STEI – ITB




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jistech.v5i1.7660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Current Indexing :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.