PURWARUPA DISPERSI UDARA DALAM RUANGAN MEROKOK

Muhammad Siddik Hasibuan, Rakhmat Kurniawan

Abstract


Dispersi Udara adalah molekul udara yang sudah di saring atau sudah di urai yang tadinya udara yang tercemar menjadi bersih. Membersihkan udara pada suatu ruangan yang kadar udaranya melewati batas aman yang dapat di terima oleh tubuh  dengan membuat alat otomatis yang dapat membersihkan udara pada suatu  ruangan  yang  telah  melewati batas aman tersebut. Setiap penguna ruangan yang  menghisap asap rokok udaranya akan di bersihkan  secara otomatis oleh Alat. Agar alat tersebut dapat berfungsi, maka harus mampu mendeteksi obyek  di hadapannya. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan obyek tersebut adalah Sensor MQ2. Cara Kerja alat ini adalah penguna hanya tinggal meletakan alat pada ruangan yang tercemar oleh asap rokok seperti pada ruangan merokok, alat ini mengunkan adaptor sebagai sumber arus. Ketika alat sudah menyala maka sensor akan membaca kadar asap atau udara yang tercemar pada ruangan kalau udara sudah melebih batas kadar yang sudah ditentukan atau sudah tercemar oleh asap rokok maka kipas akan bekerja dan menyaring udara dan di lcd akan menampikan bahwansannya ada asap rokok dan jika sensor mebaca kadar udara tidak melebihi batas yang di tetapkan maka kipas tidak menyala dan lcd akan menampilkan bebas asap rokok. Untuk itu dengan adanya alat ini dapat mengurangi dampak negatif yang di timbulkan oleh asap rokok.


Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir (2013).Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrocontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Adruino Penerbit Andi.

Batubara, & Tendean. (2013). Pengaruh Paparan Asap Rokok Kretek Terhadap Kualitas Spermatozoa Mencit Jantan (Mus musculus). E-Biomedik, 1(1), 330–337.

Talumewo, & Narasiang (2012). Rancang Bangun Alat Pengkondisi Udara Pada Ruangan Menggunakan Sensor CO dan Temperatur. Jurusan Teknik Elektro-FT, UNSRAT, 1–6.

Febriantono (2017). Perancangan dan Pembuatan Alat Pengurai Asap Rokok pada Smoking Room Menggunakan Kontroler PID. Skripsi Jurusan Teknik Elektro FakultasTeknik Universitas Brawijaya.

Mechatronics. (2016). Tutorial sensores de gas MQ2, MQ3, MQ7 y MQ135. Naylamp Mechatronics. Retrieved from http://www.naylampmechatronics.com/blog/42%7B_%7DTutorial-sensores-de-gas-MQ2-MQ3-MQ7-y-MQ13.html

Hafidudin, & Sunarya (2015). Monitoring Pengukuran Getaran Gempa Menggunakan Mikrokontroller 8535. E-Proceeding of Applied Science, 1(2), 1276–1282. Retrieved from http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/102368/slug/monitoring-pengukuran-getaran-gempa-menggunakan-mikrokontroller-8535.html




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jistech.v5i1.7659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Current Indexing :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.