IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN UNTUK PEMBANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK

Ratni Sirait, Lailatul Husna Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lapisan keras dan struktur batuan yang terdapat dibawah permukaan tanah pada kawasan pasar V jalan Willem Iskandar Medan berdasarkan analisa nilai resistivitasnya dengan menggunakan metode geolistrik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode geolistrik untuk mengetahui nilai resistivitas jenis perlapisan batuan pada tiap lapisan permukaan bumi. Alat yang digunakan untuk menentukan harga resistivitas semu (Apparent Resistivity) yaitu menggunakan alat geolistrik (Resistivity meter), ARES-G4 v4.7 SN: 0609135 (Automatic Resistivity System) dengan hasil data pengukuran berupa beda potensial dan arus. Selanjutnya dari data yan diperoleh digambarkan model penampang dua dimensi dengan menggunakan software Res2Dinv untuk menampilkan penampang kontur nilai resistivitas perlapisan batuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daerah yang diteliti tepatnya berada di jalan willem iskandar memiliki nilai resistivitas yang sangat rendah yaitu sekitar 0 Ωm sampai dengan 200 Ωm pada lintasan pertama, 0 Ωm sampai dengan 400 Ωm pada lintasan kedua. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kawasan ini tidak bisa dibangun gedung bertingkat karena tidak terdapat adanya lapisan keras dan struktur batuan pada bawah permukaan tanah. Besar persentase kesalahan atau ketidakpastian sebesar 4,2%- 21,8% untuk setiap nilai resistivitas setiap lintasan.


Full Text:

PDF

References


Kanata, Bulkis dan Teti Zubaidah, 2017. Aplikasi Metode Geolistrik Tahanan

Jenis Konfigurasi Wenner Schlumberger Untuk Survet Pipa Bawah Permukaan, Vol. 7. No. 2, Teknik Elektro, Mataram

Soebowo, E dkk., 2009. Sifat Keteknikan Bawah Permukaan Di Daerah Pesisir Cilacap Provinsi Jawa Tengah, Vol. 19, No. 2. LIPI, Bandung.

Sugito dan A.N, Aziz., 2010. Investigasi Bidang Gelincir Longsor

Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis di Desa Kebarongan Kec. Kemranjen Kab. Banyumas, Vol. 13, No.2. FMIPA. UNSOED

Utama W., 2005. Experimental Module Mataram Geophysical Workshop. Lab.

Geofisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITS., Surabaya

Wijaya, Sanggra, 2015. Aplikasi Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi

Wenner Untuk Menentukan Struktur Tanah di Halaman Belakang SCC ITS Surabaya, Vol. 19, No. 55, ITS Nopember




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jistech.v4i1.5509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Current Indexing :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.