ALAT PENGENAL NOMINAL UANG UNTUK TUNANETRA MENGGUNAKAN SENSOR WARNA DAN ULTRAVIOLET

Suhardi Suhardi, Yusuf Ramadhan Nasution

Abstract


Uang merupakan alat yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli dan sudah digunakan oleh seluruh manusia di setiap penjuru dunia. Hal ini sudah pasti menjadikan uang menjadi barang pokok untuk setiap orang, bahkan bagi para penyandang disabilitas seperti halnya tunanetra, kelemahan tunanetra dalam melihat dan mengidentifikasi uang dapat menyebabkan uang tertukar, salah ambil, atau bahkan tertipu pada saat melakukan kegiatan jual beli. Mengacu dari hal tersebut maka perlu adanya sistem sederhana yang dapat memudahkan tunanetra untuk mengidentifikasi nilai nominal serta keaslian uang. Alat ini menggunakan sensor warna TCS3200-DB untuk mendeteksi warna uang kertas dan sensor ultraviolet untuk mendeteksi keaslian uang lalu oleh mikrokontroller diubah menjadi data rgb dan dikeluarkan dalam bentuk suara, untuk mendapatkan keaslian uang kertas maka diperlukan bantuan sinar lampu ultraviolet yang akan membuat warna uang palsu terlihat lebih cerah dengan munculnya warna hijau selain warna biru, sedangkan uang asli hanya akan didapati warna biru, warna hijau dan biru tersebut juga dihasilkan dari pemisahan tiga warna dasar, pada dasarnya alat ini mampu untuk mendeteksi uang tahun keluaran 2000, hanya saja dalam program telah di atur nilai rgb untuk uang kertas rupiah tahun keluaran 2018

Keywords


uang; tunanetra; sensor warna; ultraviolet

Full Text:

PDF

References


W. Mentari, “Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Keaslian dan Nominal Uang Untuk Tunanetra Berbasis Mikrokontroler,”Penerbit Univertias Islam Negeri Alauddin Makasar, 2017.

D. A. Porbadi, “Alat deteksi nominal uang kertas untuk penyandang tunanetra,”Penerbit Universitas Brawijaya Malang, 2014.

H. Pramudita, “Pemberdayaan Penyandang Tunanetra Melalui Pendekatan Pendidikan,” Penerbit Universitas Negeri Semarang, 2015.

D. Rahardja, “Ketunanetraan,”Penerbit Universitas Pendidikan Indonesia, 2014.

M. Ichwan, M. G. Husada, & M. I. Ar-Rasyid, “Pembangunan prototipe sistem pengendalian peralatan listrik pada platform android”, Vol.4, No. 1, 2014.

Junaidi, Y. D. Prabowo, Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis Arduino, Cetakan Maret 2018, Lampung: CV. Anugrah Pratama Raharja.

D. Novita, A. J. Lubis, & A. Sembiring,” Perancangan Alat Pendeteksi Warna Arduino Uno (Fokus Software),” Sekolah Tinggi Teknik Harapan Medan, 2015.

A. D. Astuti, “ Pengukuran Serapan Ultraviolet Pada Kaca Film Menggunakan Sensor UVM-30A Berbasis Mikrokontroler Atmega8535,”, Universitas Lampung, 2017.

D. Lestari, &A.R.A.Wijaya, “Kontrol arah dan kecepatan motor dc menggunakan android,”TEKNO, Vol : 22 September 2014.

D. Wijayanto, S. Hadiyoso, & Y. S . Hariyani,”Implementasi Sistem Pemanggil Antrian Dengan Tampilan Seven Segment Berbasis Mikrokontroler Pada PT PLN Sukoharjo,” Vol.1, No.1 April 2015..

O. Taupik K, M. Irfan, & A. Nurpianti, “Pembuatan Aplikasi Anbiyapedia Ensiklopedia Muslim Anak Berbasis Web,” Vol. 7, No. 1 , 2014.

R. A. Pascapraharastyan, A. Supriyanto, & P. Sudarmaningtyas, “ Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Arsip Rumah Sakit Bedah Surabaya Berbasis Web,” Vol. 3, No.1, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jistech.v4i1.5493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Current Indexing :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.