ANALISIS PEMBERIAN BANDWIDTH PADA ROUTER DENGAN MENGGUNAKAN PROTOKOL EIGRP DALAM MENENTUKAN KECEPATAN DATA YANG DILALUI PADA WAN

Aidil Halim Lubis, Abdul Halim Hasugian

Abstract


Pada jaringan komputer data yang mengalir saat ini sangat padat seperti jalanan untuk kendaraan umum, sehingga diperlukan beberapa jalur alternatif dalam penentuan jalur yang tepat agar data sampai ke tujuan cepat. Seperti halnya jaringan, dalam pengiriman paket data diperlukan routing yang tepat serta pemberian bandwidth tepat pula untuk mengatur paket- paket tersebut agar sampai ke tujuan. Dalam pengiriman data router sangat berperan penting dalam hal tersebut. Protokol routing yang ada didalamnya sangat menentukan paket tersebut sampai dengan cepat dan tepat sehingga penentuan protokol yang digunakan juga perlu di atur dan didesain agar data yang disampaikan tepat sampai tujuan. Enchanced Interior Gateway Routing Protocol adalah protokol routing yang diciptakan cisco yang mempunyai keunggulan dalam mengirimkan update data perubahan data routing. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode perbandingan dengan memberikan bandwidth yang berbeda – beda pada tiap router sehingga dapat diketahui router mana yang akan dilalui data dengan menggunakan routing EIGRP.

Full Text:

PDF

References


Siswo Wardoyo, Taufik, Rian. 2014. Analisis Performa FTP pada Perbandingan Metode IPv4, IPv6 murni dan Tunneling berbasis Router Mikrotik. Jurnal Nasional Teknik Elektro.

Archana C, 2015. Analysis Of RIPv2, OSPF, EIGRP,Configuration on Router Using Cisco Packet Tracer. IJESIT Vol 4 Issue 2015.

Hendra Wijaya, 2004. Cisco Router. Alex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jistech.v4i1.5447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Current Indexing :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.