Makerspace: Tren Baru Layanan di Perpustakaan

Moh. Mursyid

Abstract


Abstrak
Dewasa ini, perkembangan perpustakaan telah memasuki era makerspace. Di era ini,
perpustakaan tidak lagi dilihat sebagai ruang senyap, melainkan ruang berekspresi yang
terbuka bagi pengembangan kreatifitas dan budaya knowledge sharing. Ruang koleksi fisik
perpustakaan semakin berkurang beralih menuju ruang terbuka untuk berkumpul dan
berekspresi. Lebih lanjut, tulisan ini bertujuan untuk mengetahu fenomena makerspace
sebagai tren baru layanan di perpustakaan. Metode yang digunakan adalah metode
kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Simpulan dari tulisan ini adalah: 1)
makerspace merupakan cara dalam mewujudkan iklim pembelajaran yang kolaboratif dan
inovatif di perpustakaan; 2) Keberadaan makerspace kian menguatkan posisi perpustakaan
sebagai ruang publik (publik sphere) yang menjadi pusat berkumpulnya masyarakat
(community center); 3) ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh pustakawan di
era makerspace di perpustakaan, yaitu: a) kemampuan untuk belajar (to learn), b)
kemampuan untuk berdaptasi pada perubahan situasi (to adapt to changing situations), c)
kemampuan untuk berkolaborasi (to collaborate), d) kemampuan untuk mengadvokasi
pembelajaran (to advocate for the learning), e) kemampuan untuk melayani beragam
orang. Selain itu, seorang pustakawan juga harus memiliki kompetensi khusus (soft skill)
yang meliputi: a) kemampuan manajerial; b) pengembangan program; c) penggalangan
dana; d) literasi teknologi; dan e) fasilitasi pembelajaran berdasarkan teori dan perilaku
pengguna (masyarakat). 

Abstract
Now, makerspace becomes a new era in the library development. Library is not seen as a quiet space,
but the space of expression to the development of creativity and knowledge sharing culture. The library
collection space physically decrease and move to open space for assembly and expression. This paper
explains about makerspace phenomenon as a new trend in library services. The kind of this paper is a
literature review and uses qualitative method. From this paper, the author is able to conclude that: 1)
makerspace is the way in creating a collaborative learning environment and innovative in the library; 2)
makerspace make a library as a public space (public sphere) and a center for the community; 3) there
are some competencies for librarians, namely: a) the ability to learn, b) the ability to adapt to the
changing situation, c) the ability to collaborate, d) the ability to advocate for the learning, e) the ability
to serve a variety of people. In addition, a librarian must have a special competence (soft skills) which
includes: a) managerial ability; b) development program; c) fundraising; d) technological literacy; and
e) the facilitation of learning based on theory and behavior of users (community).


Keywords


Makerspace; Layanan Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Colegrove, Tod, “Editorial Board Thoughts: Libraries as Makerspace?” dalam Information Technology And Libraries, Maret 2013

Hendrawan, Muhammad Rosyihan, “Peran Perpustakaan Umum dalam Membangun Masyarakat Informasi: Sebuah Telaah Ruang Publik Jurgen Habermas” dalam Prosiding Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia 2015

Houston, Cynthia R. 2013. “Ma (Placeholder1)kerspace@your School Library: Consider the Possibilities”.pdf, IASL Conference p.360

https://id.techinasia.com/daftar-makerspace-di-jakarta/, diakses pada 16/01/2016 pukul 19.20 WIB

http://cincinnatilibrary.org/main/makerspace.html, diakses pada 12/01/2016 diakses pada 12/01/2015

Koh, Kyungwon & June Abbas, “Competencies for Information Professionals in Learning Labs and Makerspaces”, dalam journal of Education for Library and Information Science, Vol. 56, No. 2 April 2015

Pisarski, Alyssa, “Finding a place for tween; Makerspace and Libraries”, dimuat dalam Jurnal Fall: Children and Libraries, 2014.

Priyanto, Ida F, “Librarians, space, and the Atmosphere” dalam Prosiding Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v1i1.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Moh. Mursyid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
  
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/ 
 
Publisher:
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara