Layanan Perpustakaan di Era Pandemi Sebagai Implementasi Industri 4.0 : Studi Kasus PDDI LIPI

Nur Rizzal Rosiyan, Rahmadani Ningsih Maha

Abstract


Perpustakaan sebagai salah satu sektor publik juga terkena dampak dari pandemik yang terjadi. Namun hal ini tidak menyurutkan gerak pustakawan untuk dapat terus memberikan layanan prima kepada pemustaka. Implementasi revolusi industri 4.0 semakin cepat berkembang seiring dengan kebiasaan baru yang harus dijalani  oleh lapisan masyarakat dunia. Tulisan ini membahas inovasi layanan  perpustakaan dimasa pandemik dengan studi kasus di Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah LIPI yang memberikan layanan baik internal ataupun publik. Artikel ini juga meyajikan daftar layanan yang diberikan secara gratis oleh penyedia jurnal, penerbit, institusi dan beberapa perpustakaan yang memberikan layanan secara daring. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah dengan melakukan literatur review dan observasi dari kegiatan perpustakaan yang selama ini berlangsung.

Keywords


Library services, Pandemis, COVID 19, Information technology, Electronic publications, Research libraries

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v5i2.8366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Nur Rizzal Rosiyan, Rahmadani Ningsih Maha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
  
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/ 
 
Publisher:
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara