Upaya Perpustakaan dalam Melestarikan Khazanah Budaya Lokal (Studi Kasus Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur)

Nurrohmah Hidayah

Abstract


 

This research entitled Library Efforts In Preserving Local Culture Khazanah (Case Studies Library "HAMKA" SD Muhammadiyah Condongcatur). The purpose of this study is to determine the efforts made Library "HAMKA" SD Muhammadiyah Condongcatur in preserving the local cultural treasures. This research is a qualitative research with descriptive research type. The approach used is case study. Informant in this research is librarian of Library "HAMKA" SD Muhammadiyah Condongcaturdipilih using purposive sampling technique. Data obtained through interviews, observations, and documentation studies .. The results of the analysis show that efforts made Library "HAMKA" SD Muhammadiyah Condongcatur in reducing preserve local culture that is by way of cultural knowledge, the library as a means of pemperoleh information about culture through the library. These efforts are by making the House Literasi Cultural Culture, Display Wayang and Batik for Learning Media, Literacy Literacy Wayang and Javanese Literacy, Culture-Based Library Learning, and the addition of Cultural Collection.

 

Penelitian ini berjudulUpaya Perpustakaan Dalam Melestarikan Khazanah Budaya Lokal (Studi Kasus Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan Perpustakaan “ HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur dalam melestarikan khazanah budaya lokal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus.Informan dalam penelitian ini merupakan pustakawan Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcaturdipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.. Hasil analisis menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur dalam mengurangi melestarikan budaya lokal yaitu dengan cara cultural knowledge, yaitu perpustakaan sebagai sarana pemperoleh informasi tentang budaya melalui perpustakaan. Upaya tersebut yaitu dengan membuatan Rumah Literasi Budaya Agraris, Display Wayang dan Batik untuk Media Pembelajaran , Tangga Literasi Wayang dan Aksara Jawa, Pembelajaran Perpustakaan Berbasis Budaya, dan penambahan Koleksi Budaya.


Keywords


School Library, Cultural Preservation, Information

Full Text:

PDF

References


Aufar, I. 2012. Pengertian Kebudayaan. Makalah tidak diterbitkan. Fakultas Teknik Industri Universitas Gunadharma,Jakarta.

Karmidi Martoadmojo. 2009. Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka.

Lasa, Hs. 2009. Peran Perpustakaan dalam Melestarikan Budaya dan Membangun Peradaban. Dalam repository.umy.ac.id. Diakses pada 29 Maret 2018 pukul 08.30 WIB.

Nurjannah. 2017. Eksistensi Perpustakaan dalam Melestarikan Khazanah Budaya Bangsa. LIBRIA, Vol. 9, No. 2, Desember 2017

Ranjabar, Jacobus. 2006. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bogor :Ghalia Indonesia

Sulistyo Basuki. 2010. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka

Sulistyo-Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Yusuf, Mundzirin, dkk. 2005. Islam Budaya Lokal. Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v3i1.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Nurrohmah Hidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
  
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/ 
 
Publisher:
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara