INTEGRATIFITAS INFORMASI KEAGAMAAN MELALUI MEDIA VIRTUAL: FANSPAGE FACEBOOK PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH

Aras Satria Agusta

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana integratifitas informasi keagamaan dalam bentuk media sosial facebook dengan mereduksi data melalui analisis metrik. Pendekatan pendekatan mengenai salah satu alternatif untuk mengukur suatu kecenderungan pengguna terhadap suatu topik bahasan berdasarkan pada situs web atau penggunaan media sosial, salah satu indikator yang dapat digunakan dalam integratifitas informasi berisi facebook. Penelitian yang difokuskan pada facebook Persyarikatan Muhammadiyah, kemudian dianalisis secara deskriptif terhadap fenomena kemanfaatan media sosial yang interaktif. Dalam penelitian ini penulis membatasi hanya pada kurung waktu 1 Januari-29 Februari 2020. Adapun hasil analisis didapatkan bahwaPersyarikatan Muhammadiyah Facebook fanspage dalam hitungan almetrics pada periode tersebut interaksi pada total indikator sebanyak 8.689.220.264.498, analisis didapatkan dari key performance indicator (KPI) yang terdiri dari halaman facebook like metrics, facebook people talk about this metrics, dan facebook metrik interaksi. Ketiga KPI merupakan integratifitas informasi keagamaan yang di posting mendapatkan respons aktif, sementara konten informasi dalam keagamaan seperti berita-berita, dan artikel-artikel sebagai postingan yang memiliki informasi berintegritas masih terus berperan dalam memperkaya informasi keagamaan di media facebook. Sehingga hasil tersebut menunjukkan adanya suatu kebaruan yang dinamis dari integratifitas informasi informasi dalam memposting melalui akun media facebook.


Keywords


Integrasi, informasi, keagamaan, almetrics, facebook.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia. Laporan Survei Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia, 2018.

Bronman L. Do Almetrics Point to the Broader Impact of Research? An Overview of Benefits and Disadvantages of Almetrics. Journal of Infometrics, 8 (4), 2014.

David, Lankes, R. The Atlas of New Librarianship. England: The MIT Press Cambridge, 2011.

Ellison, N., Steinfield, C., & Lampe, C. The benefits of Facebook “friends:” Social capital and college students’ use of online social network sites. Journal of Computer-Mediated Communications, 12. 4, 2007.

Fahmi. Mencerna Situs Jejaring Sosial. Jakarta: elex media komputindo, 2011.

Heiberger, G., & Harper, R. Have you Facebooked Astin lately? Using technology to increase student involvement. In R. Junco & D. Timm (Eds.), Using emerging technologies to enhance student engagement (New Directions for Student Services, no. 124, 2008),19–35. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

http://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media (diakses, 11 April 2020).

Junco, R. The relationship between frequency of Facebook use, participation in Facebook activities, and student engagement. Computers and Education, 58(1), 2012.

Kurniasih, N. proceedings: international conference on science mapping and the development of science. In M. Mursyid (ed), the implementation of almetrics in library as an alternative measurement method for scholary article impact in social web ecosystem. Yogyakarta: Library and Informastion Management Graduate School, UGM, 2016.

Kriswanto, Y Rudi dkk. Analisis almetriknfanspage lazada pada media sosial facebook. Bunga rampai Infometrika. Papua: Asensi, 2019.

Martínez Alemán, A. M., & Wartman, K. L. Understanding online social networking on campus: Student identity and Culture. New York, NY: Routledge/Francis Taylor Group, 2008.

McGonigle, Lauren & Carly Fried. Facebook in Public Relations. Donald P. Bellisario College of Communications COMM 473: Public Relations Campaigns Renea Nichols, 2020.

Mustansyir, Rizal. Program Riset Ilmiah Imre Lakatos. Jurnal Filsafat vol. 17, No. 3, 2007.

Nasrullah, Rulli. Media Sosial: Perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017.

--------------------. Media sosial: Persspektif Komunikasi, Budaya dan Sosiotekonoligi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Riyanto, Waryani Fajar. Integrasi-Interkoneksi Keilmuan: Biografi Intelektual M. Amin Abdullah (1953-….) person, knowledge, and institution. Yogyakarta: SUKA-Press, 2013.

Roemer RC dan Rachel B. Almetrics. Volume ke-51. Library Technology Reports. Chicago: ALA, 2015.

------------------------------. Meaningful Metrics; a 21st-Century Librarian’s Guide to Bibliometrics, Almetrics and Research Impact. Chicago: ALA, 2015.

Wartie, Errika Dwi Setya. Komunikasi Dan Media Sosial. Jurnal The Messenger. Vol. III (1), 2011.

Williams, Ann E. Citation Time Windo Choice for research impact evaluation scientometrics (94 (3), 2017.), 851-872. Doi: 10.1007/s11192-012-0775-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v14i2.7156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aras Satria Agusta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia