Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) SNI/ISO 9001:2015 Di Perpustakaan Perguruan Tinggi

Badratun Nafis

Abstract


Pendahuluan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas prinsip dan tahapan yang dapat ditempuh perpustakaan universitas dalam menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan pengalaman UPT Perpustakaan USK dan E-Learning. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi perpustakaan lain yang tertarik untuk menerapkan sistem manajemen mutu .

Metode penelitian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis riil terhadap apa yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan analisis dokumen data informasi terkait milik perpustakaan USK dan e-learning.

Hasil dan Pembahasan. Penerapan sistem manajemen mutu SNI/ISO 9001:2015 di perpustakaan perguruan tinggi dapat dilakukan dengan mengacu pada tujuh prinsip utama dalam sistem manajemen mutu. Tujuh prinsip tersebut terdiri dari: fokus pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan sumber daya manusia, pendekatan proses, perbaikan, pengambilan keputusan berbasis bukti, dan terakhir manajemen hubungan. Tahapan penerapan sistem manajemen mutu di perpustakaan terdiri dari empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah pelatihan sistem manajemen mutu, penyusunan dokumen mutu, proses penerapan kesesuaian dengan standar, dan terakhir pengajuan sertifikasi sebagai bukti pengakuan.

Kesimpulan. Perpustakaan yang berkomitmen menerapkan SMM akan memiliki keluaran kinerja yang jelas dan terukur yang akan dipantau, dianalisis, dan dievaluasi secara berkala. Penerapan SMM juga mendorong perpustakaan untuk terus berinovasi dalam melakukan perbaikan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pihak-pihak yang berkepentingan dengan memperhatikan risiko dan peluang. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menerapkan SNI/ISO 9001:2015 di perpustakaan Anda.


Keywords


Quality Management System; library Quality Management System; ISO 9001; Library

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


İşcan, Ö. F., Ersarı, G., & Naktiyok, A. (2014). Effect of Leadership Style on Perceived Organizational Performance and Innovation: The Role of Transformational Leadership Beyond the Impact of Transactional Leadership – An Application among Turkish SME’s. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 150, 881–889. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.097

ISM Global. (2024). Sejarah panjang ISO 9001. ISM. https://ismglobal.id/sejarah-panjang-iso-9001/

Ismanto. (2017). Penerapan Sistem Manajemen Mutu Sni Iso 9001: 2008 Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Buletin Perpustakaan, 0(57), 73–84. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9103

ISO/IEC. (2018). International standard ISO / IEC Information technology — Service requirements.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). (n.d.).

Karya, M. A., Sholihah, Q., Haryono, B. S., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2023). Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 4(4), 484–496. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i4.16568

Lanati, A., Marzano, M., Manzari, C., Fosso, B., Pesole, G., & De Leo, F. (2019). Management at the service of research: ReOmicS, a quality management system for omics sciences. Palgrave Communications, 5(1). https://doi.org/10.1057/s41599-019-0283-0

Marguna, A. M. (2014). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Ilmu Perpustakaan, XIII(1), 29–38. https://media.neliti.com/media/publications/103607-ID-pengaruh-kualitas-layanan-terhadap-kepua.pdf

Masyitoh, M. H. (2020). Manajemen mutu pendidikan perspektif QS. AR-Ra’du ayat 11 dan impelemtasinya dalam pengelolaan madrasah. Jumpa, 1(1), 37–50.

Nafis, B. (2020). Persepsi pustakawan terhadap gaya kepemimpinan transformasional pimpinan. Visi Pustaka, 22(2), 1–10. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v22i2.835

Nafis, B., & Syukran, S. (2023). Evaluasi kualitas layanan perpustakaan perguruan tinggi masa pandemi COVID-19. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 44(1). https://doi.org/10.55981/baca.2023.395

Nelson, J., Ding, A., Mann, S., Parsons, M., & Samei, E. (2022). Key Performance Indicators for Quality Imaging Practice: Why, What, and How. Journal of the American College of Radiology, 19(1), 4–12. https://doi.org/10.1016/j.jacr.2021.09.044

Perpustakaan USK. (2018). Konteks perpustakaan USK. Banda Aceh.

PT Safety Sign. (2016). Perubahan penting standar baru ISO 9001: 2015, sudahkah snda memahaminya? PT Safety Sign Indonesia. https://www.safetysign.co.id/news/Perubahan-Penting-Standar-Baru-ISO-9001-2015-Sudahkah-Anda-Memahaminya

Quality Management Systems-Requirements ISO 9001:2015,IDT (2015).

Saleh, A. R. (2015). Penerapan Sistem Manajemen Mutu di Perpustakaan. Perpusnas, 22(2), 13.

Tebar Betegon, M. A., Baladrón González, V., Bejarano Ramírez, N., Martínez Arce, A., Rodríguez De Guzmán, J., & Redondo Calvo, F. J. (2021). Quality Management System Implementation Based on Lean Principles and ISO 9001:2015 Standard in an Advanced Simulation Centre. Clinical Simulation in Nursing, 51, 28–37. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2020.11.002




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v19i2.25891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Badratun Nafis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia