IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT 2010 PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM

Dedi Prima Ritonga

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk; pertama mengetahui perencanaan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis power point 2010 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di pondok pesantren Nurul Hakim; kedua mengetahui pelaksanaan guru PAI dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis power point 2010 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di pondok pesantren Nurul Hakim. Ketiga mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis power point 2010 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di pondok pesantren Nurul Hakim dan keempat mengetahui hasil yang dicapai peserta didik setelah mengimplementasikan media pembelajaran berbasis power point 2010 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di pondok pesantren Nurul Hakim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dari orang-orang yang terlibat dalam tingkah laku alamiah, yaitu guru, siswa dan kepala Madrasah. Penentuan sumber informasi dalam penelitian ini berpegang pada empat parameter yaitu: konteks (suasana, keadaan, atau latar), perilaku, peristiwa dan proses. Hasil penelitian bahwa guru merumuskan tujuan belajar, mempersiapkan aplikasi power point, persiapan kelas dan evaluasi pembelajaran. Metode demonstrasi melalui metode pembelajaran berbasis multimedia adalah sarana atau media pembelajaran yang menyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus , Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama, 2015.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi.Cet.XIV. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Dananjaya, Utomo, Media Pembelajaran Aktif . Cet.III. Bandung: Nuansa, 2012.

E.Kemp, Herold, Planning and Producing Audiovisual (Material, 1975)

Arief S.Sadiman, dkk. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Edisi 1-11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Enterprise, Jubilee, Powerpoint untuk Seminar dan Presentasi. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.

Hamdani, Strategi Belajar-Mengajar. Cet. 10. Bandung; CV Pustaka Setia, 2011.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru Cet.VII. Bandung; PT Remaja Rosda Karya, 2011.

Masganti, Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Medan: IAIN Press, 2011.

Sanjaya, Wina, Kurikulum Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

S. Sadiman, Arief, dkk. Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Edisi 1-11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2008.

Suarna, Nana, Pendoman Panduan Praktikum Microsft Office 2007. Bandung: Yrama Widya, 2013.

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktuvistik .Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Cet. VI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3

Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v3i2.830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: