DISKURSUS MERDEKA BELAJAR PERSPEKTIF PENDIDIKAN HUMANISME

Abdul Gani Jamora Nasution

Abstract


Konsep “Merdeka Belajar” yang didengungkan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi bahan acuan diskusi sekaligus menganalisis secara kritis mau dibawa kemana pendidikan Nasional kita. persoalan yang munculpun diketengahkan pada pembahasan 1) Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN); 2) Ujian Nasional (UN); 3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaan (RPP), dan 4) Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) zonasi. Dari empat persoalan jika dielaborasi melalui pendekatan humanisme pendidikan, ada tiga persolan yang secara diseriusi dari praktik pendidikan Nasional. Pertama, tujuan pendidikan. Kedua, peserta didik, dan ketiga pendidik. Dari komponen rekomendasi Kemendikbud, secara prinsipil humanistik sejalan seirama dalam mendesain pendidikan.

Kata Kunci: Diskursus, Merdeka Belajar, Humanis


Full Text:

PDF

References


Al-Abrosiy, Muhammad Athiyyah At-Tarbiyah Al-Ilamiyyah wa Falsafatuha, Mesir: Isa Albabi Al-khalabiy, 1975.

al-Qur’an al-Karim

Al-Syaibany, Omar Muhammad Al-Toumy. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Azizy, Qodri. Pendidikan Untuk Menbangun Etika Sosial, Semarang: Aneka Ilmu, 2003.

Baharuddin & Moh. Makin, Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori, dan Aplikasi Praksis dalam Dunia Pendidikan, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA GROUP, 2007.

https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar

https://www.antaranews.com/berita/1608238/aipi-konsep-merdeka-belajar-tepat-untuk-kondisi-pendidikan-saat-ini

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/pidato-mendikbud-nadiem-makarim-pada-upacara-bendera-peringatan-hari-guru-nasional-2019

Kusumaryono, R. Suyato, Merdeka Belajar, https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar, Syukri, Bayumie, Menakar Konsep Merdeka Belajar, https://intens.news/menakar-konsep-merdeka-belajar/

Manalu, Wiranto B. KONSEP “MERDEKA BELAJAR”: KEMANA ARAH PENDIDIKAN INDONESIA? https://www.unja.ac.id/2020/01/02/konsep-merdeka-belajar-kemana-arah-pendidikan-indonesia/

Mas’ud, Abdurrahman. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik, Yogyakarta, Gama Media, 2002.

Shihab, Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an, Jakarta: Lentera Hati, 2002, Vol. 2.

Syari’ati, Ali Humanisme Antara Islam dan Madzhab Barat, Bandung: Pustaka Hidayah,1996.

Zubaedi, Filsafat Barat: Dari Logika Baru Rene Descartes hingga Revolusi Sains ala Thomas Kuhn, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v6i1.7921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: