Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Non Arab (Studi Ma’had AMCF)

Aulia Rahman

Abstract


Metode merupakan cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran adalah agar siswa dapat mencapai kopetensi seperti yang di harapkan. Bahasa sumber adalah bahasa pertama atau bahasa ibu yang dikuasai oleh individu. Bahasa indonesia yang merupakan bahasa kedua bagi suku-suku di Indonesia, yang digunakan sebagai bahasa pengantar di sekolah tetap dinamakan bahasa sumber. Bahasa tujuan disebut juga bahasa asing ialah suatu bahasa diluar bahasa sumber. Bahasa tujuan atau disebut juga bahasa asing ialah suatu bahasa diluar bahasa sumber. Pembelajaran bahasa arab di indonesia saat ini sangat pesat dilakukan baik pihak negeri maupun swasta. Salah satu lembaga swasta yang melakukan pembelajaran bahasa arab adalah AMCF (Asia Muslim Charity Foundation) atau Yayasan Muslim Asia. Ma’had AMCF menjalankan sebuah model yang baik dalam pembelajaran bahasa Arab. Ma’had AMCF memadukan antara tipe naturalistic dan tipe formal dalam sistem pengajaran bahasa Arab.

Full Text:

PDF

References


Abdul Chaer, Psikolinguistik: Kajian Teoritik, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Abdul Chaer dan Leonie Agustina, Sosiolinguistik: Perkenalan Awal, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Bahasa Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Iskandar Wassid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Rosda, 2008.

M. Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat. 2005.

M. Soenardi Djiwandono, Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengantar Bahasa, Bandung: ITB, 1996.

Rohmani Nur Indah dan Abdurrahman, Psikolinguistik: Konsep dan Isu Umum, Malang: UIN Malang Press, 2008.

Sahkholid Nasution, Pemikiran Nahwu Syauqi Dhayf: Solusi Alternatif Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat Indonesia, 2015.

عبد العزيز بن إبرحيم الفريح, كتاب سلسلة تعليم اللغة العربية للمستوى الثالث, جامعة الإمام محمد بن سعودالإسلامية: الرياض. 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v6i1.7776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: