NUKILAN PEMIKIRAN ISLAM ABAD PERTENGAHAN Gagasan Pendidikan Ibn Khaldun (732/1332-808/1406)

Zaini Dahlan

Abstract


Artikel ini menelaah gagasan pemikiran abad pertengahan Islam, tepatnya gagasan pendidikan Ibn Khaldun. Data kajian ini diperoleh melalui studi kepustakaan dengan pendekatan analisis isi. Secara khusus, studi ini membahas tentang biografi singkat Ibn Khaldun yang terdiri atas empat fase, yakni fase perkembangan dan menuntut ilmu, fase politik dan kiprahnya dalam bidang pemerintahan di Maroko dan Andalusia, fase menulis dan bukti karya intelektualnya, dan fase tugasnya dalam bidang pengajaran dan pengadilan di Mesir. Sementara gagasannya dalam bidang pendidikan meliputi hakikat manusia, tujuan pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran, pendidik, peserta didik dan lingkungan pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Akbar, T. Saiful. “Manusia dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun dan John Dewey,” dalam Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. 15, No. 2, 2015.

Al Rasyidin dan Nasution, Wahyudin Nur. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing, 2012.

al-Abrasyi, M. Athiyah. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustami A. Ghani dan Djohar Bachri LIS. Jakarta: Bulan Bintang, 1985.

al-Din, ‘Abd al-Amir Syama. al-Fiqr al-Tarbawy ‘ind Ibn Khaldun wa Ibn al-Azraq. Beirut: Dar al-Iqra’, 1986.

al-Jumbulati, Ali. Perbandingan Pendidikan Islam, Terj. H.M. Arifin, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Ibn Khaldun. Muqaddimah Ibn Khaldun, Terj. Ahamdie Thoha, cet. 2. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000.

Ibn Khaldun. The Muqaddimah. F. Rosenthal Ed., N.J. Dawood Princeton: N.J. Princeton University Press, 1970.

Kosim, Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun; Kritis, Humanis dan Religius. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Mubarak. “Konsep Pendidikan Sosio-Progresif: Telaah Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun,” dalam Azkiya, Vol. 1, No. 2, Juli 2018.

Nakosteen, Mehdi. History of Islamic History Origins of Western Education A.D. 800-1350. Colorado: Colorado University Press, 1964.

Schleifer, Aliah. “Ibn Khaldun’s Teories of Perception, Logic and Knowledge,” dalam The Islamic Quarterly, Vol. XXXIV, No. 2, 1990.

Sulaiman, Fathiyah Hasan. Pandangan Ibn Khaldun tentang Pendidikan. Bandung: Diponegoro, 1987.

Wafi’, Ali Abdul Wahid. Ibn Khaldun; Riwayat dan Karyanya, Terj. Akhmadi Thoha. Jakarta: Grafitipers, 1985.

Wafi’, Ali Abdul Wahid. Kejeniusan Ibn Khaldun, Terj. Sari Narulita. Jakarta: Nuansa Pres, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v5i2.7655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: