DARI AL-AZHAR KE TANAH MANDAILING: Biografi dan Kiprah Syekh Junaid Thala Rangkuti

Miswar Rangkuti

Abstract


Studi ini mengkaji biografi dan kiprah Syekh Junaid Thala di Sumatera Utara. Studi ini merupakan hasil dari penelitian kepustakaan. Temuan kajian ini adalah bahwa Syekh Junaid dalam pendidikan masyarakat terfokus pada tiga usaha, yaitu mengutamakan pembangunan madrasah sebagai sarana pendidikan, mengadakan hubungan baik dengan anggota masyarakat sehingga para orang tua merasa tertarik untuk menyekolahkan anaknya ke Madrasah Al Junaidiyah serta bertanggung jawab terhadap kelangsungan dan perkembangannya, dan melengkapi alat-alat pengajaran yang dibutuhkan serta mengadakan berbagai sarana sumber dana yang dapat menjamin kelangsungan madrasah.

Full Text:

PDF

References


Al Rasyidin dan Hasnah Nasution. “Respons Al-Ittihadiyah Di Sumatera Utara Terhadap Radikalisme,” dalam Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, Vol. 3, No. 1, 2019.

Al Rasyidin. “Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Musthafawiyah, Mandailing Natal,” dalam Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, Vol. 1, No. 1, 2017.

Ja’far, Ja’far “Al Jam’iyatul Washliyah dan Problem Kepemimpinan Non Muslim dan Perempuan.” Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah, 17(2), 2017.

Ja’far, Ja’far. “Peran Al Jam’iyatul Washliyah dalam Merevitalisasi Madhdhab Shafi’i di Era Kontemporer.” Justicia Islamica, 13(1), 2016.

Ja’far, Ja’far. “Perspektif Al Jam’iyatul Washliyah tentang Terorisme,” Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 22, Januari-Juni No. 1, 2017.

Ja’far, Ja’far. “Respons Dewan Fatwa Al Jam’iyatul Washliyah terhadap Isu Akidah dan Syariah di Era Global.” al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 10, No. 1 (Juni 2016).

Ja’far, Ja’far. “Tarekat dan Gerakan Sosial Keagamaan Shaykh Hasan Maksum.” Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 5, No. 2, 2015.

Ja'far, Ja’far. “Khazanah Kitab Kuning di Madrasah Al Jam‘iyat Al Washliyah,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 2017.

Pulungan, Abbas. “Nahdlatul Ulama di Luar Jawa: Perkembangan di Tanah Mandailing,” dalam Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, Vol. 2, No. 1, 2018.

Salamuddin, Salamuddin. “Meneguhkan Islam Nusantara: Nahdlatul Ulama dan Falsafah Pendidikan Pesantren Musthafawiyah,” dalam Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, Vol. 3, No. 1, 2019.

Siddik, Dja‘far dan Ja’far. Al-Ittihadiyah Delapan Dasa Warsa Menerangi Nusantara. Medan: Perdana Publishing, 2017.

Siddik, Dja’far. “Dinamika Organisasi Muhammadiyah Di Sumatera Utara,” dalam Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, Vol. 1, No. 1, 2017.

Soiman, Soiman. “Gerakan Pembaruan Pendidikan Al Ittihadiyah Di Sumatera Timur, 1935-1975,” dalam dalam Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, Vol. 2, No. 2, 2018.

Syahnan, Mhd. “Nahdlatul Ulama Scholar In Mandailing Land: A Biography of Shaykh Ali Hasan Ahmad ad-Dary,” dalam Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, Vol. 3, No. 1, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v5i2.6524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: