Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Habib Maulana Maslahul Adi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap teori behaviorisme Albert Bandura, serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Dibutuhkan adanya kajian mendalam untuk membedah teori behaviorisme Bandura, yang merupakan tokoh ­­baru dalam perkembangan teori belajar yang telah lama dianut oleh para pengajar ini. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, mengandalkan sumber bibliografi berupa buku dan jurnal ilmiah hasil penelitian yang berkaitan, menggunakan metode analisis deskriptif untuk membaca data dan menganalisis pemikiran berhaviorisme Bandura. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajaran observasional (modeling), yang lebih dikenal dengan social learning theory dan personality psychology, serta program-program yang berpijak pada konsep stimulus-respons, yang dikemukakan oleh Bandura, mempunyai implikasi dalam pembelajaran bahasa Arab.  Implementasi yang dapat digunakan di antaranya adalah: penyajian materi banyak dengan ḥiwār, peniruan idiom, pembiasaan, dengan tidak mengajarkan qawā’id secara terpisah. Kemudian, kesemua tujuan pembelajarannya dapat dicapai dengan optimalisasi lingkungan bahasa (bī’ah/environment).

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, Qurrotul, Social Learning Theory dan Perilaku Agresif Anak dalam Keluarga, Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syariat dan Hukum, 2 (1) Juni 2017: 91-104.

Budiningsih, C. Asri, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.

Habibah, Nur, Lingkungan Artifisial dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Arabiyāt: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3 (2) Desember 2016: 173-196.

Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.

Lefudin, Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Mahmudi, Muhammad, Penerapan Teori Behavioristik dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Terhadap Pemikiran BF. Skinner), Prosiding Konferensi nasional Bahasa Arab 11, Oktober 2016: 429-435.

Raswan, Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa, Arabiyāt: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5 (1) Juni 2018: 173-196.

Rustika, I Made, Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura, Buletin Psikologi Universitas Gadjah Mada, 2 (1-2) 2012: 18-25.

Zalyana, Psikologi Pembelajaran Bahasa Arab, Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press, 2010.

Riyanto, Agus, Teori Belajar Bandura dan Implementasinya dalam Pembelajaran, Publikasi 19 Maret 2019, https://www.amongguru.com/teori-belajar-bandura-dan-implementasinya-dalam-pembelajaran/, [29 Maret 2019].

Albert Bandura, Revisi Terakhir 21 Desember 2018, https://id.wikipedia.org/wiki/Albert_Bandura, [29 Maret 2019].

Biografi Albert Bandura, http://bisapsikologi.blogspot.com/2017/05/biografi-albert-bandura.html, [29 Maret 2019].




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v5i2.6376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: