EVALUASI KURIKULUM BAHASA ARAB DI MAN 1 TRENGGALEK

Ahmad Nurcholis, Muhammad Zaenal Faizin

Abstract


Abstrak: Sering dengan pergantian menteri pendidikan maka berganti pulalah kurikulum pendidikannya. Kurikulum tidak luput dari perombakan kurikulum sebelumnya hingga pada kurikulum K.13 saat ini. akibat  perubahan  kurikulum  tersebut,  mata  pelajaran  bahasa  Arab  ikut terkena imbasnya. Begitu pula evaluasai dari kurikulum dari bahasa Arab tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum bahasa Arab, faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya,  solusinya, serta evaluasi kurikulum yang digunakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, paparan data, dan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitiannya yaitu pelaksanaan kurikulum bahasa Arab menggunkan kurikulum 2013 dengan pendekatan seintifik dan disesuaikan dengan KI dan KD nya, faktor pendukungnya terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal, sedangkan faktor penghambatnya terdiri dari faktor internal saja, solusinya dengan diadakan bimbtek mengenai kurikulum K.13, sedangkan evaluasi kurikulumnya menggunakan evaluasi perencanaan dan pengembangan, evaluasi monitoring, dan evaluasi program komprehensif

Full Text:

PDF

References


Al-bantani, Azkia Muharom, 2015. Implementasi Kurikulum 2013Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah, dalam Jurnal Arabiyat, Vol 2 No. 2, Jakarta : UIN Jakarta.

Amri, Sofan, 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013, Jakarta : Prestasi Pustaka.

Arifin, Zainal, 2014. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian : Sebuah Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka.

Biklen, Robert C. Bogdan dan Sari Knopp, 1998. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston : Aliyn and Bacon, Unc.

Fitri, Agus Zaenul, 2013. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Dari Normatif-Filosofis Ke Praktis, Bandung : Alfabeta.

Hasan, S. Hamid, 2008. Evaluasi Kurikulum, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul, 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kulaitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.

MS, Syafaruddin dan Amiruddin, 2017. Manajemen Kurikulum, Medan : Perdana Publishing.

Rusman, 2012. Manajemen Kurikulum, Jakarta : Rajawali Press.

Siskandar, 2016. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah, dalam Jurnal Cendekia, Vol 10, No. 2, Surakarta : Pusat Kajian Bahasa dan Budaya.

Sugiono, 2016. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D, Bandung, Alfabeta,

Sukardi, 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi Dan Praktiknya, Jakarta : Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2006. Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktek, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Thu’aimah, Rusydi Ahmad, 1989. Ta’lim Al-‘Arabiyah Lighairi An-Nathiqiina Biha, Kairo : Mansyurat al-Munadzomah al-Islamiyah Li at-Tarbiyah wa al-‘Ulum wa at-Tsaqafah.

Triwiyanto, Teguh, 2015. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.

Widayanti, dkk. Rizka, 2018. Manajemen Kurikulum Bahasa Arab, Malang : Kota Tua.

Zaini, Muhammad, 2009. Pengembangan Kurikulum Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi, Yogyakarta : Teras.

Zulkifli, Muhammad, 2018. Analisis Bentuk Evaluasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MI, dalam Jurnal Al-Madrasah, Vol. 2, No. 2, Kalimantan Selatan : STIQ Amuntai.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v5i1.4420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: