PEMBELAJARAN MUHADATSAH MELALUI METODE DRAMA PADA PROGRAM PRAKTIKUM JURUSAN PBA IAIN PONTIANAK

Sahrani Sahrani, Rahnang Rahnang

Abstract


Abstrak: Pada hakikatnya kesulitan mahasiswa PBA di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak dalam mempelajari keterampilan berbahasa Arab khususnya pada keterampilan berbicara disebabkan oleh beberapa factor, baik factor kebahsaaan maupun non kebahasaan. Factor kebahasan yang dimaksud mencakup kesulitan dalam memahami kaidah bahasa nahu dan shorof, keterbatasan kosa kata dan menotonnya metode yang digunakan oleh dosen dalam pengajaraan keterampilan berbicara sehingga membuat mahasiswa bosan. Adapun factor non kebahasaan yang dimaksud adalah latar belakang pendidikan mahasiswa yang beragam dan pada umumnya mereka tidak memiliki kemampuan dasar bahasa Arab yang memadai, karena rata-rata mereka alumni sekolah umum,rendahnya motivasi dan semangat mempelajari bahasa Arab, karena dianggap bahasa asing yang tidak meberi nilai lebih dalam aspek ekonomi, tidak atau kurang terbiasa menggunakan bahasa Arab dalam percakapan sehari-hari, karena kurangnya rasa percaya diri. Oleh karena itu, untuk mengatasi problem atau juga kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa tersebut, maka peneliti menawarkan sebuah metode drama (drama pentas)sebagai solusi alternative, dengan asumi bahwa di dalam metode drama terdapat sifat komunikatif, inovatif, kreatif dan menyenangkan, sehingga problem yang selama ini dihadapi oleh mahasiswa PBA di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontinak dapat diatasi.

Full Text:

PDF

References


A.Akram malibary, Pengajaran bahasa Arab, Jakarta: Bulan Bintang, 1987.

Abdul Mu’in, Analisis Konstrastif Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia ”Telaah Terhadap Fonetik Dan Morfologi”, Jakarta: PT.Pustaka Al-Husna Baru,2004.

Abdullah al-Raji, Usus Ta’allum al-Lughah wa Ta’limuha, Beirut: Dar al-Nadlah, 1994.

Ahmad Izzan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Humaniora, 2009.

Ahmad Warsono Munawwir, Kamus Al-Munawwir Arab Indonesia, Surabaya Pustaka Progresif, 1984.

Arief Furhan, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Azhar Arsyad, Bahasa Arab Dan Beberapa Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Crista Dauviller dan Dorothea Levy Hillerich, Spiele im Deutschunserricht, Berlin: Goethe Instititut, 2004.

Deli Nirmala dan Ratna Asmarani, Using Drama In English Language Teaching, Tefflin Seminar xxxv, 1990.

Henry Tarigan, Bahasa Sebagai Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 1990.

Herman J. Waluyo, Drama Teori dan Pengajarannya, Cet, II, Yogyakaarta Graha Widya, 2002.

http://belajar.dedeyahya.web.id/2012/09/keterampilan-berbicara-muhadatsah-meningkatkan-siswa-belajar-bahasa-arab. html. Diakses pada tanggal 12 desember 2018.

Ibrahim Abdul ‘Alim, Al-Muwajjih al Fanni Lilmudarris al-Lughah al-“Arabiyah, Kairo: Dar al-Ma’arif, 1968.

Lexy J. Moeleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung Rosdakarya, 2000.

Mulyadi Sumardi, Pengajaran Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan Dari Segi Metodologi, Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

Patricia Tompkins, Role Play Simulation (online:http://itelsj.org/, diakses 5 Januari 2019.

Pranala (link):http:/kbbi.web.id/praktikum. Diakses pada hari 23 Januari 2019.

Radliyah Zaenuddin, Metologi dan Strategi Alternatif Peserta Didik Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005.

Suharno, dkk, Belajar Dan PembelajaranII, Surakarta: Depdikbud, 1995.

Sukarno, dkk., Belajar dan Pembelajaran II, Surakarta: Depdikbud RI, 1995.

Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama Islam dan Bahasa Arab, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1995.

Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama Islam Dan Bahasa Arab, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1995.

Umar Asasuddin Sokah, Problema Pengajaran Bahasa Arab Dan Inggris, Suatu Tinjauan Dari Segi Metodologinya, Yogyakarta: Nurcahaya, 1982.

W.F. Mackey, Language Teaching Analyziz, ter. Ny. Mulyono, Yogyakarta: FKSSIKIP, 1973.

Yusetyowati, Penggunaan Drama Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, Vol. 4. No. 3, Semarang: ORBITH, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v5i1.4417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: