MASROHIYYAH SEBAGAI SOLUSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Nuril Mufidah, Novan Dymas Pratama

Abstract


Abstrak:

Tujuan pendidikan selayaknya tidak hanya berorientasi pada kemajuan yang terlihat semata, seperti kemajuan pembangunan dan ekonomi, tapi harus memberi porsi lebih terhadap kemajuan “underground progess”, yaitu kemajuan emosional karakter. Salah satu metode Pembelajaran bahasa yang potensial dan sejalan dengan tujuan pendidikan karakter saat ini adalah toriqoh Masrohiyyah.

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsipkan Toriqoh Masrohiyyah dalam pengajaran bahasa Arab. Bagaimana perencanaan serta kelebihan dan kekurangan sebagai solusi pendidikan karakter. Mahasiswa dapat dengan sengaja mengembangkan kemampuan keterampilan berbicara (maharah kalam) sekaligus pengembangan nilai-nilai karakter, baik melalui cerita yang diangkat dalam masrohiyyah, maupun lewat proses produksinya, yakni manajemen, komunikasi, dan tanggung jawab. Hasil penelitian ini yakni tentang bagaimana produksi masrohiyyah, dimulai dari pemilihan Eksekutif Produser, kemudian masuk tahap intrinsik, memilih sutradara hingga naskah, kemudian ke tahap ekstrinsik, yakni persiapan pentas, artistik, keuangan sponsorship, kemudian editor publishing dan dokumentasi. Biaya yang besar, waktu yang tidak sebentar untuk persiapannya menjadi kendala.

Hasil studi ini memberikan manfaat sebagai alternatif perencanaan pembelajaran kalam dalam bentuk masrohiyyah sebagai solusi pendidikan karakter bangsa saat ini, memahami kelebihan dan kekurangannya, serta hal-hal yang menjadi kendalanya.

Full Text:

PDF

References


Indonesia Corruption Watch |. (n.d.). Retrieved December 6, 2018, from https://antikorupsi.org/

Kurniasih, I. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Marantika, J. E. (2014). Drama Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Tahuri,

Megawangi, R. (2010). Pengembangan Program Pendidikan Karakter Di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter. Indonesia Heritage Foundation.

Noor, R. M. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

PBA Angkatan2015. (2018). Proposal Masrohiyyah Pendidikan Bahasa Arab 2018 (Vol. 136).

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.

Rusydi, M. (2013). Pendidikan Karakter Pada Psikolinguistik Bahasa Arab. Al-Ulum

Suroso. (2015). Drama: Teori dan Praktek Pementasan (Pertama). Yogyakarta: Penerbit Elmatera.

Waryanti, E. (2015). Pembelajaran sastra berbasis karakter. Buana Sastra, 2(2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: