PEMBELAJARAN MAHARAH KITABAH BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, Robiatul, Y., & Jennah, L. (2023). Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Maharoh Kitabah Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 774–784.
Aryani, W. D., Purwanti, E., Siroj, S. A., Taufiq, R., & Wayudi, A. W. (2025). Jurnal Pendidikan Indonesia : Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning Dalam Pendidikan Agama Islam ( PAI ). Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(4). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i4.1741
Bathotiy, F. Al, Prasetyo, B., & Syahputra, M. A. (2024). تعليم اللغة العربية باستخدام كتاب تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها. 12–26.
Hidayah, N. (2020). Peluang Dan Tantangan Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pskolinguistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Taqdir, 5(2), 65–76. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.4922
Hidayah, N., Mukmin, M., & Eltika, L. (2023). Konsep Aritmetika pada Perubahan Kata Bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(2), 153–169. https://doi.org/10.52593/klm.04.2.04
Hidayah, N., Mukmin, M., & Rahma, M. (2021). Kecerdasan Dan Kepribadian Siswa di SMP IT Fathona Palembang Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berbicara. Taqdir, 7(1), 115–130. https://doi.org/10.19109/taqdir.v7i1.8455
Hidayah, N., & Apriyani, G. (2024). Kemampuan Abad 21 Siswa Pendidikan Menengah di Sumatera Selatan: Sebuah Tinjauan Pembelajaran Menulis Berbahasa Arab di Madrasah. Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA), 2(1), 1-10.
Hidayah, N., & Setiawan, A. (2021, August). Pengaruh Aktivitas Siswa dalam berolahraga selama masa pandemi terhadap kemampuan Siswa dalam berbahasa arab. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS UTP SURAKARTA (Vol. 1, No. 01, pp. 107-111).
Hidayah, N., & Amelina, N. (2024). Evaluasi Program Intensif Bahasa Arab pada Kelas Akselerasi di Pondok Pesantren. Jurnal Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 6(1), 38-47.
Imron, K., Nurani, Q., Ummi, M., Islam, U., & Raden, N. (2024). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Qira’ah Berbasis Wordwall Tipe Whack-A-Mole Di SMA Aisyiyah 1 Palembang. HE 1ST ARABIC TEACHING AND LEARNING INTERNATIONAL CONFERENCE 2024.
Irmansyah, I., & Pratiwi, L. (2021). Model Pembelajaran Seven Power Key Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smp It Fathonah Palembang. Al-Mashadir, 1(1), 30–46. https://doi.org/10.30984/almashadir.v1i1.85
Irmansyah, I., Qaaf, M. A., & Jumhur, J. (2022). Istikhdām Kitāb Qowā’id al-I’lāl bi ṭarīqah Tamyīz fī Ta’līm as-Ṣarf. Taqdir, 8(2), 165–171.
Irmansyah, I., Qaaf, M. A., & Yuslina, Y. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BERBASIS SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL). Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 3(01), 69–86. https://doi.org/10.30984/almashadir.v3i01.610
Irmansyah, Wasilah, and Nuraini Latifah. "Analisis Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab Di Madrasah." nd). Accessed March 13 (2025).
Muhammad, K. (2020). Ta’līm as-Sharf bi Kitâb Tashīl as-Sharfiyyah fil-Madrasah ats-Tsânawiyyah Ittifaqiyyah. Taqdir, 6(1), 65–73. https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i1.5893
Mukmin, M., Hidayah, N., & Marpuah, S. (2023). "Reorientation of The Arabic Language Curriculum for Secondary Education in The Endemic Era. " Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 10(2), 2017–2229.
Mukmin, M., Hidayah, N., & Yansyah, F. (2024). Desain Materi Nahwu Berbasis Discovery Learning. PROSIDING KONIPBSA: Konferensi Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1).
Mukmin, M., Hidayah, N., Yusuf, M., & Siska, S. (2025). The Contribution of Self-Directed Learning to Arabic Language Materials to the Improvement of Students’ Writing Literacy. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 148–165.
Mukmin, M. (2017). تطوير الكتاب التعليمي في مادة البلاغة على ضوء التعليم و التعلم السياقي لطلاب قسم تعليم اللغة العربية بجامعة رادين فتاح الإسلامية الحكومية بفاليمبانج Doctoral dissertation, (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Mukmin, Mukmin, Nurul Hidayah, Muhammad Yusuf, and Siska Siska. "The Contribution of Self-Directed Learning to Arabic Language Materials to the Improvement of Students' Writing Literacy." Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 8, no. 1 (2025): 148-165.
NAZIM, & MOHAMAD, M. A. A. BIN. (2024). Amalan guru Pendidikan Islam dalam strategi pembelajaran berpusatkan pelajar Fikah Solat di sekolah menengah (Doctoral dissertation, Tesis Sarjana Pendidikan).
Nurani, Q. (2022a). Characteristics of Learning Arabic Using the Totally Physical Response Method at Palembang Elementary School. Taqdir, 8(2), 173–185. https://doi.org/10.19109/taqdir.v8i2.16852
Nurani, Q. (2022b). Hiwar Method In Increasing The Speaking Skill Of Ma’had Al-Jami’ah Students. An-Nida, 11(2), 117–122.
Purnama, N., Muhammad, K., & Yani, A. (2025). Effectiveness of Quantum Learning-Based Speech Skills Learning Using Flipbook Media. Journal of Arabic Language Teaching, 5(1), 33–44.
Ramadhini, Z. S., Syarifudin, A., & Qaaf, M. A. (2024). Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Evaluasi Pembelajaran Qirā ’ ah : Tantangan , Solusi dan Efektivitas. THE 1ST ARABIC TEACHING AND LEARNING INTERNATIONAL CONFERENCE 2024 Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Evaluasi Pembelajaran Qirā ’ Ah : Tantangan , Solusi Dan Efektivitas THE 1ST ARABIC TEACHING AND LEARNING INTERNATIONAL CONFERENCE 2024, 598–619.
Rosyada, M., Imron, K., Irmansyah, I., Putri, T., & Angraini, R. A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Maharah Kalam Melalui Video Interaktif Berbasis Kontekstual Di SMP Islam Az-Zahrah 1. Cordova Journal language and culture studies, 15(1), 65-82.
Siregar, T. S., Renti, A., Sinaga, A., Sitio, A. A., Netanya, I., & Lubis, R. H. (2024). Model Pembelajaran Kolaboratif : Tinjauan Literatur. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 207–219.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D).
Suyitno, H. (2021). Upaya Dosen dalam Adaptasi Manajemen Kelas untuk Efektivitas Pembelajaran Daring. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan VI Prodi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, 111.
U Khasanah, K Imron, K Muhammad, M Rusdi, KA Az-Zahra, M. A. (2025). Enhancing Nahwu Learning Effectiveness Through Pantun-Based Pedagogical Media. Journal of Arabic Language Teaching, 5(1).
Wasilah, W., Jumhur, J., & Cahyani, R. D. (2023). Development of Quantum Teaching-Based Shorof Materials at Madrasah Aliyah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2375–2385. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3616
Wasilah, W., Nazarmanto, N., Utami, S., & Hidayah, N. (2024). COOPERATIVE LEARNING IN ARABIC WRITING SKILL WITH MEDIA CHAIN WORD FLAG. Proceeding International Conference on Islam and Education (ICONIE), 25–37. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/iconie/article/view/1688
Y Yuniar, F Hidayati, T. A. (2020). Tatwir Barnamij Wondershare Quiz Creator ‘ala al-Kitab al-‘Arabiyyah baina Yadaik Kamasdar Ta’lim al-Mustaqil. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 120–127.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v11i3.26205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diindeks oleh:
Jurnal Ihya Al-Arabiyah © 2015 by UIN Sumatera Utara is licensed under CC Attribution 4.0 International