Penerapan Project-Based Learning (PJBL) dalam Pembelajaran Mufrodat di MTsN Batu

Dwi Putri Agustia, Danial Hilmi, Abdul Basid

Abstract


Penelitian ini mengkaji penerapan dasar pembelajaran berbasis proyek di MTsN Batu, Malang, sebagai upaya mengatasi tantangan pembelajaran bahasa Arab yang monoton dan kurang kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode ini dalam meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek berhasil menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan kolaboratif, meningkatkan pemahaman siswa, dan mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi siswa. Proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa memfasilitasi penerapan pemahaman dalam konteks nyata, yang pada gilirannya meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka dalam berkomunikasi. Penelitian ini memberi otorisasi eksplorasi lebih lanjut tentang keterlibatan orang tua dan guru dalam mendukung efektivitas pembelajaran berbasis proyek.


Keywords


Vocabulary Learning, Project Approach, Student Engagement.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2023). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Bahasa Arab Remaja: Pendampingan Komunitas Rohis SMA di Pacitan dalam Pembelajaran Kolaboratif. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3627–3643. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6843

Alasim, K. N., Alqraini, F. M., & Alqahtani, A. A. (2025). Implementing vocabulary assessment with children with disabilities in Saudi Arabia: Challenges and recommendations. Heliyon, 11(2), e42002. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2025.e42002

Ali, I. (2021). PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) DALAM PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 247–264. https://doi.org/https://doi.org/10.47601/AJP.80.

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning ( PBL ) Approach as a Way to Engage Students in Learning. Journals Sagepub, July-September, 1–15. https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Alwi, A., Aziz, N. A., Azmira, R., Putri, R. J., & Lubis, M. R. (2023). Pembelajaran Kooperatif : Meningkatkan Pemahaman , Keterampilan Sosial , Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.61292/cognoscere.97

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMPREHENSIF. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Azzahra, N. T., Ali, S. N. L., & Bakar, M. Y. A. (2025). Teori konstruktivisme Dalam Dunia Pembelajaran. KAMPUS AKADEMIK PUBLISING: Jurnal Ilmiah Research Student, 2(2), 64–75. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jirs.v2i2.4762

Barida, M. (2018). Model Experiential Learning dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 153–161. https://doi.org/https://doi.org/10.26638/jfk.409.2099 Model

Effendi, M. I., & Yoto. (2024). Pembelajaran Abad-21 Melalui Model Project Based Learning. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 9(1), 67–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v9i1.1637 Pembelajaran

Hadisah, S., & Muthi, I. (2025). Penerapan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda pada Siswa Sekolah Dasar memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung dengan cara melibatkan siswa secara aktif dapat menyebabkan p. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(5), 01–12. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i5.2271

Hamzah, I. F. (2019). Aplikasi Self-Determinantion Theory pada Kebijakan Publik Era Industri 4.0. PSISULA: Prosiding Berkala Psikologi, 1(September), 66–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7691

Hilmi, D., Toifah, N., & Sa’diyah, H. (2023). Curriculum Development Strategy for Independent Learning in Arabic Language Learning at PTKIN in East Java. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 7(2), 159–177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18326/lisania.v7i2.159-177

Janah, M., Sari, D. W., Munawarsyah, M., & Mawarni, U. K. (2024). Strategi Penerapan Umpan Balik Untuk Meningkatkan Fokus. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 21(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v21i2.7790

Kamila, N., Banis, S., Hakki, N., & Amalia, A. (2024). Teori belajar multiple intelegensi. COGNITIVE: JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 2(3), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.61743/cg.v2i2.78

Kasmiati, Masbukin, & Hendri, M. (2023). Pengaruh Penguasaan Mufradāt terhadap Kemampuan Insyā’ Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 422–431. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.2137

Khakim, N., Mela Santi, N., Bahrul U S, A., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506

Meldi, K. S., & Baroroh, R. U. (2025). Inovasi Kurikulum. Ejournal HIPKIN, 22(1), 1243–1256. https://doi.org/https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.101

Nur, M. F., Zaeni, R. A., Hilmi, D., & Basid, A. (2025). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua Pada Siswa Dalam Aplikasi Teori Kontruktivisme. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 13(1), 66–95. https://scholar.google.com/scholar?cluster=12639594908662124572&hl=en&oi=scholarr

Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42–50. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.272

Pobela, F., Joulanda, A., Rawis, M., & Sumilat, J. M. (2023). Assessment Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Kelas IV SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1174–1183.

Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692

Rahayu, A. P., Nisak, H. K., Wahib, A., & Besari, A. (2024). Inovasi Metode Pembelajaran Kolaboratif di Era digital : Studi Kasus Perguruan Tinggi Swasta Magetan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 368–379. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.

Rahman, R. A., Abduallah, Z., Rosyadi, A. S., Romatul, U. K., & Muna, W. L. C. (2024). Simplifikasi Project-Based Learning ( PjBL ) Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Al-Madina Wonosobo. El-Syaker : Samarinda International Journal of Language Studies, 1(2), 67–78. https://doi.org/10.64093/esijls.v1i2.25

Ramadhan, R., Hilmi, D., & Azhari, A. (2023). PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB : FITUR DAN POLA PENGAJARAN. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 8(1), 47–58. https://doi.org/https://doi.org/10.55187/tarjpi.v8i1.4885

Rizal, A. A., Susilawati, D., Meilani, R., & Yusup, R. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 773–778. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3116

Rodgers, C. (2019). Defining Reflection: Another Look at John Dewey and Reflective Thinking. Teachers College, Columbia University, 104(4), 842–866. https://doi.org/10.1111/1467-9620.00181

Rofiudin, A., Prasetya, L. A., & Prasetya, D. D. (2024). Pembelajaran Kolaboratif di SMK : Peran Kerja Sama Siswa dalam Meningkatkan Keterampilan Soft skills. Journal of Education Research 4, 5(4), 4444–4455. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.672

Romadhon, A., Abusyairi, K., Murdani, E., & Hidayat, T. (2023). Efektivitas Media Lagu Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Pengusaan Mufrodat Siswa MTs Negeri Samarinda. Al-Kautsar: Knowledge Advancement in Teaching Strategies and Research, 1(2), 111–117. https://journalweb.org/ojs/index.php/Al-Kautsar/index

Rosidin. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Berbasis Pengalaman ( Experiential Learning ). El-Qudwah, 4(December 2014), 1–18. https://doi.org/10.30736/akademika.v8i2.82

Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner : Model Pembelajaran Aktif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 210–228.

Tutiareni, T., Riyadi, A. R., & Renny, N. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 209–218. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i1.33517

Utari, P. (2023). Pengaruh Model Experiential Learning dalam Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengembangan Sikap Religius Siswa. JURNAL KUALITAS PENDIDIKAN, 1(2), 381–386.

Vandayo, T., & Hilmi, D. (2020). Implementasi Pemanfaatan Media Visual untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(2), 217–236. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i2.3873

Wahyuni, I. (2018). BAHASA ARAB KOMUNIKATIF DI PESANTREN MODERN GONTOR PUTRI 4 SULAWESI TENGGARA. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 67–84.

Wijayanti, R. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 63–80. https://doi.org/10.61132/bima.v3i1.1443

Yang, Y., Song, Y., Yan, J., & Ma, Q. (2025). Bridging classroom and real-life learning mediated by a mobile app with a self-regulation scheme: Impacts on Chinese EFL primary students’ self-regulated vocabulary learning outcomes, enjoyment, and learning behaviours. System, 131(April), 103671. https://doi.org/10.1016/j.system.2025.103671

Yuliana, & Pangastuti, P. (2024). Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka : Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education and Pedagogy, 1(April), 7–12. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.62354/4vt4sk69

Zhang, L., Li, S., & Zhao, Q. (2021). A REVIEW OF RESEARCH ON PROJECT-BASED LEARNING (John W. Thomas, Ph. D March, 2000). International Geology Review, 63(March), 1–46. https://doi.org/10.1080/00206814.2019.1702592




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v11i3.25991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: 

  

Jurnal Ihya Al-Arabiyah © 2015 by UIN Sumatera Utara is licensed under CC Attribution 4.0 International