Strategi Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

Syahrul Abidin

Abstract


Abstraks: Penelitian ini bertujuan membahas tentang strategi komunikasi guru kepada siswa dalam meningkatkan prestasi siswa. Menurut peneliti hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan prestasi siswa adalah menyangkut waktu luang atau kesempatan berkumpul (berdiskusi) antara guru dan siswa.Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dimana peneliti sebagai instrument kunci, dari hasil wawancara peneliti memberikan gambaran bahwa strategi komunikasi guru dalam meningkatkan prestasi siswa di sekolah lebih kepada ganjaran, dalam kenyataannya guru sering salah mengartikan strategi ini, guru hanya memahami berupa hukuman yang diberikan kepada siswa yang bersalah, padahal seharusnya ganjaran itu juga diberikan kepada siswa yang berprestasi dalam bentuk hadiah, pujian dan lain-lain. Strategi komunikasi yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi siswa di sekolah dapat berjalan dengan baik apabila orang tua dapat bekerjasama dalam hal komunikasi yang interaktif.


Full Text:

PDF

References


Amin, SamsulMunir, Menyiapkan Masa DepanAnak Secara Islami(Jakarta: Amzah, 2007)

Anonim, Dasar-dasarDikdaktikdanPenerapannyadalamPembelajaran, cet.2 (Jakarta ,DepartemenPendidikanNasional RI., 2003)

Departemen Agama RI., Al-Quran danTerjemahnya, (Bandung: Syamil, 2003)

Hardjana, A.M, Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal, cet.2 (Jakarta: Kanisius, 2003)

Jones, Hardwood, Setting The Scene, Workplace Communication Skills, (Australia: Addison Wesley Lungman, 1997)

Junaedi, Fajar, Komunikasi Massa PengantarTeoritis, cet.1 (Yogyakarta: Santusta, 2007)

Kholil, Syukur, Komunikasi Islam, cet.1 (Bandung: Ciptapustaka Media, 2007)

Supriyanto, Yuli “MembangkitkanKreativitasAnak di Sekolah”, BuletinPusatPerbukuan, Vol. 10.Tahun 2004.

Wursanto, Ig. EtikaKomunikasi Kantor, cet.2 (Yogyakarta :Kanisius, 1994)




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v3i2.1328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: