Konsep Pendidikan Islam Perspektif Hadis

Abdul Gani Jamora Nasution, Abu Bakar Adnan Siregar MA

Abstract


Artikel ini bertujuan mengkaji tentang konsep pendidikan Islam perspektif hadis, dengan menggunakan pendekatan tematik filosofis. Dengan rangkaian pengumpulan dan pengecekan literatur literatur yang otoritatif, dalam mengusung konsep pendidikan Islam perspektif Hadis. Secara terminologi kajian ilmiah meliputi aktivitas pendidikan dapat dikatakan menjadi warisan satu genersi ke generasi berikunya, yang memiliki konsepsi ta‟lim, tarbiyah, dan ta‟dib. Konsepsi universalitas pendidikan seperti pelaku (pendidik dan peserta didik), proses, dan target diperdapati dalam “matan hadist”, yang kemudian penulis memformulasikan pada pendidikan keluarga dan pendidikan profesionalitas. Kontribusi kajian, dapat digunakan sebagai penguatan pendidikan Islam dan pengembangan konsepsi yang relevan masa sekarang.

 

Kata kunci: Konsep, Pendidikan, Hadis, Karakter


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v7i2.11128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: