Analisis Loyalitas Pelanggan Muslim Berbelanja Fashion Pada Pasar Inpres I di Kisaran

Chairina Chairina, Isnaini Harahap, Yenni Samri Juliati Nst

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari langsung dan tidak langsung antara variabel produk, harga, pelayanan, dan keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan muslim pembelian fashion di Pasar Inpres I tradisional di Kisaran. Metode Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan analisis jalur dan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk, harga, dan pelayanan menentukan terhadap keputusan pembelian sebesar 66,6% dan sisanya sebesar 33,4% diperlukan oleh variabel lain. Sedangkan variabel produk, harga, pelayanan, dan keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan muslim membeli fashion di Pasar Inpres I Tradisional di Kisaran dengan kontribusi sebesar 70,9% dan sisanya sebesar 29,1% dibutuhkan oleh variabel lain.


Keywords


Produk, Harga, Pelayanan, Keputusan Pembelian, dan Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2018. Profil Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern Tahun 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Fajriawati. 2017. Analisis Pengaruh Persaingan Usaha Pasar Tradisional Terhadap Pasar Modern Peraturan Daerah Kota Medan. Vol. 13 No. 2. Oktober.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran: (Dasar dan Konsep). Surabaya: Qiara Media.

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakrta: Erlangga.

Harahap, Isnaini. dkk. 2014. Hadis-hadis Ekonomi. Medan: Wal Asrhri Publishing.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Terj. Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

M. Fuad, dkk. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mongkaw, Gladis, dkk. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pasar Tradisional Remboken (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Sinuian Kec. Remboken). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol. 5 No. 2.

Mu’ah dan Masram. 2014. Loyalitas Pelanggan: Tinjauan Aspek Kualitas Pelayanan dan Biaya Peralihan. Yogyakarta: Zifatama Publisher.

Muflih, Muhammad. 2006. Prilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muftiadi, R. Anang dan Erna Maulina. 2016. The Bussiness Dynamic Traditional Market Place: Demand Preference Approach. Jurnal AdBispreneur. Vol. 1. No.2.

Supriono. 2001. Akuntansi Manajemen: Proses Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: STIE YKPN.

Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

Suryati, Lili. 2015. Manajeman Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.

Taufiq, Muhammad Izuddin. 2006. Panduan Lengkap dan Praktis Psikologi Islam, Sari Narulita, dkk. Jakarta: Gema Insani Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v7i2.7395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: