MANJEMEN STRATEGI PEMASARAN BAURAN (MARKETING MIX) PERSEPKTIF EKONOMI SYARIAH

Nurhadi Nurhadi Nurhadi

Abstract


Abstrak

Manajemen pemasaran merupakan analisis, perencanaan pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang dirancang untuk menciptakan, membuat, dan menangani pertukaran yang menguntungkan dengan para pembeli sasaran dengan maksud agar meraih tujuan perusahaan, seperti keuntungan, laju penjualan, bagian pasar dan sebagainya. Bauran pemasaran (Marketing Mix) adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran. Hal ini berarti, bauran pemasaran merupakan kumpulan-kumpulan variabel-variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Komponen-komponen pokok bauran pemasaran adalah: 1). Tempat; 2). Produk; 3). Harga; 4). Promosi. Strategi bauran pemasaran (marketing mix), dalam Islam harus memperhatikan standar keharaman dalam Islam, baik haram dari segi zat, haram selain zat, dan tidak sahnya akad yang dilakukan. Empat aspek pemasaran dalam Islam, yaitu: 1). Aspek Produk; 2). Aspek Harga; 3). Aspek distribusi atau Tempat; 4). Aspek Promosi. Keempatnya mesti sesuai syariat Islam dan tidak  melanggar etika bisnia Islam.

 

Kata Kunci: Manjemen, Strategi, Pemasaran Bauran, Persepktif, Ekonomi Syariah.


Keywords


Kata Kunci: Manjemen, Strategi, Pemasaran Bauran, Persepktif, Ekonomi Syariah.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Thamrin & francis tantri. (2012). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Abidin, Zainal Mohd. (2012). Manajemen pemasaran, Kuala Lumpur: Dewan Bahasa.

Alma, Buchari. (2010). Pengantar Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. (2012). Pengantar Bisnis,, Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. (2014). Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

An-Nabhani, Taqiyuddin. (2014). Sistem Ekonomi Islam (Terj), Hafidz Abdurrahman, Jakarta: HTI Press.

Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep dan Strategi), Jakarta: PT. Graf Grafindo Persada.

Bungin, M. Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Grup Media Kencana Prenada.

Kasmir. (2014). Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: Prenada Media Group

Kasmir. (2014). Manajemen Biaya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cravens, David W. (t.th). Pemasaran Strategis. Jakarta: PT. Gelora Sastra Utama.

David, Abu. (t.th). Sunan Abu Daud. Bairut: Dar Al-Kitab Al Arrobi.

Harahap, Sofyan S. (2011). Etika Bisnis dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jakarta: Salemba Empat.

Hurriyati, Ratih. (2015). Pemasaran Konsumen & Campuran Loyalitas. Bandung: Alfabeta

Ika, Fauzia, Yunia. (2013). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Grup Media Kencana Prenada.

Irawan. (2012). Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Prenada Media Group.

Irawan. (2013). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Yoyakarta: Liberty.

Jakfar. (2013). Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: PT. Grup Media Kencana Prenada.

Hakim, Lukman. (2012). Prinsip Ekonomi Islam, Jakarta: PT.Gelora Aksara Pratama.

Jusmaliani. (2014). Bisnis Berbasis Syariah. Jakarta: Bumi Aksara.

Karim, Adi Warman A. (2013). Yurisprudensi Bank Islam dan analisis keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kertajaya, Hermawan & Muhammad Syakir Sula. (2016). Pemasaran Syariah, Bandung: PT. Mizan.

Kotler, Philip. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: Inter Media.

Kotler, Philip. (2010). Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2010). Pemasaran, Jakarta: PT. Akademi Sastra.

Marius, Angiopora P. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Mawardi. (2014). Ekonomi Islam, Pekanbaru: Alaf Riau Graha UNRI Press

Mursid, M. (2013). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Bumi Literacy.

Nitisemito, Alex. S. (2010). Pemasaran, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rahmad. (2015). Pemilik Rumah Industri Tempe, Wawancara, 15 Mei

Agama, Kementerian RI. (2015). Al-Qur'an dan Terjemahan. Semarang: Toha Putra.

Rismiati, Catur E. (2011). Pemasaran Barang dan Jasa, Yogyakarta: kanisius.

Riva'i, Veithzal. (2012). Pemasaran Islam (Membangun dan Mengembangkan Bisnis dengan Praktek Pemasaran dari Rasulullah), Jakarta: PT. Gramedia Persada Utama.

Kata, E. Gumira, Yayuk Eka Pratiwi. (2013). Agribisnis Syariah, Manajemen Agribisnis dalam Perspektif Syariah Islam, Jakarta: Menyebarkan Swadaya.

Salim, Agus. (1436H / 2015M). Strategi Bauran Pemasaran di Home Industri Tempe di Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak Sri Indrapura, Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Departemen Ekonomi Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri, Sultan Syarif Kasim Riau.

Soehartono, Irwan. (2014). Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Stanton, William J. (2011). Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Sukirno, Sadono, dkk. (2012). Pengantar Bisnis, Jakarta: Kencana.

Sunyoto, Danang. (2013). Perilaku Konsumen (Panduan Penelitian Sederhana untuk Mengenali Konsumen), Yogyakarta: CAPS.

Susanto, Teguh. (2013). Muhammad. SAW Sang Billionaire, Yogyakarta: Buku Pintar.

Sutirman. (2015). Strategi Pemasaran, Artikel diakses pada 6 April 2015 dari http://tirman.wordpress.com/strategi-pemasaran/.

Swastha, Basu DH. (2010). Azas-Azas Marketing, Jakarta: Idhiil.

Syarief, Hasan. (2015). Indonesia membutuhkan 4,1 juta pengusaha baru, 15 Februari 2015 m.tempo.co/read/news/2011/12/14/089371713/ Indonesia- Need-41-Juta-Pengusaha-Baru.

T. Handoko. (2010). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE.

Tanjung, Hendri & Abrista Devi. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Jakarta: Gramata Publishing.

Tanjung, Hendri & Abrista Devi. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Jakarta: Gramata Publishing.

Tjiptono, Fandy. Et al. (2012). Strategi Pemasaran, Andi Yogyakarta, Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

W. Boyd. (2010). Manajemen Pemasaran (Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global), Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v6i2.4811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: