OPTIMALISASI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UNIT-UNIT USAHA DI PESANTREN GONTOR PUTRI KAMPUS 2

andi triyawan

Abstract


Unit usaha merupakan salah satu sumber pendapatan bagi pondok modern Gontor Putri Kampus 2, dimana modal utama didapatkan dari pondok dan kembali untuk kesejahteraan masyarakat pondok. Sehingga dibutuhkan pengembangan terhadap unit usaha agar lebih maju dari sebelumnya, serta strategi dalam melakukan pemasaran yang dapat meningkatkan daya tarik santriwati Gontor Putri Kampus 2 terhadap unit-unit usaha di Gontor Putri Kampus 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan dalam  menjalankan unit usaha di Gontor Putri Kampus 2. Mengetahui perkembangan usaha yang dijalankan unit usaha  tersebut, dan membantu menganalisis strategi yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan. Atas permasalahan diatas, penelitian dalam pendekatan Participatory Action Research dilakukan dengan berbagai pendekatan. Maka, beberapa tindakan partisipatif dilakukan mencakup meningkatkan kesadaran atas pentingnya produk, memfasilitasi variabel perkembangan usaha, dan mengadakan Focus Group Discussion  dalam mencari masalah dan solusi bersama dengan pelaku unit usaha di Gontor Putri Kampus 2.

Full Text:

PDF

References


AGUS, SANTOSO. “STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS USAHA KECIL MENENGAH (Studi Kasus Di UKM Kambing Desa Cikarawang Kecamatan Darmaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat),” 2008.

Alwi, Muhammad Muhib. “Optimalisasi Fungsi Masjid Melalui Baitul Maal Wa Tamwil ( BMT ) Pada Masjid Al Falah Perumahan Tegal Besar Permai I Jember,” 2018, 963–74.

Amalia, Alfi, Wahyu Hidayat, and Agung Budiatmo. “ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UKM BATIK,” n.d., 1–12.

Andi Triyawan, Mastura, Pengaruh Pengelolaan Unit-unit Usaha Pondok Terhadap Pembentukan Jiwa Wirausaha Santri (Studi Kasus Unit-unit Usaha Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2), Islamic Economics Journal vol 2 no. 2, 2016

ariani. “Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tarakan,” n.d.

BAYU, UTAMA LAKSANA. “FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TERNAK KAMBING MELALUI PENDEKATAN PARTICIPATORY ACTION RESEARCH,” 2007.

Di, Kasus, U K M Asri, Rotan Desa, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Kecamatan Gatak, and Kabupaten Sukoharjo. “ACTION RESEARCH ) STUDI KASUS DI UKM ASRI ROTAN DESA,” no. March (2017). https://doi.org/10.20885/ajie.vol2.iss1.art2.

Djumaty, Brian L, Nina Putri, and Hayam Dey. “RUANG VIRTUAL DAN RUANG NYATA” 5, no. 2 (2016): 25–31.

Fauzi, Iqbal. “STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO , KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) ( STUDI KASUS PADA UD . GENTENG PRES SUPER SOKA MASINAL DESA PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS ) SKRIPSI,” 2018.

Halomoan, Yosua, and Iulando Siregar. “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN EKSPOR ( Studi Pada Perusahaan Pt Kaltim Prima Coal )” 42, no. 1 (2017): 36–45.

Helia Vembri Noor. “Analisis Pengembangan Strategi Pemasaran Halal Pada Usaha Kecil Menengah Produk Wedang Uwuh Dan Tepung Bebas,” 2014, 609–18.

Lubna. “PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI PARTICIPATORY ACTION RESEARCH.” Anggitan 9 (2013): 1–22.

Macdonald, Cathy. “UNDERSTANDING PARTICIPATORY ACTION RESEARCH : A QUALITATIVE RESEARCH METHODOLOGY OPTION” 13, no. 2 (2012): 34–50.

Mas, Mochamad. “Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Produk UMKM Logam Di Kota Pasuruan” 1, no. 2 (n.d.): 185–97.

Oktarinas, Rienna. “Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Pengolahan,” no. 2006 (2008).

Pengantar, Kata. “DENGAN METODE SWOT ANALYSIS ENI DEWI SAPUTRI I 0304032 JURUSAN TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK,” 2011.

Rahadi, Dedi Rianto. “Analisis Sektor Usaha Kecil & Menengah Menjadi Model Kewirausahaan Sosial Berbasis Ekonomi Kreatif,” n.d.

Rakib, Alyas dan Muhammad. “MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISE DEVELOPMENT STRATEGY IN POWER ECONOMIC DEVELOPMENT (Case Study on Maros Bread Enterprise in Maros District)” 19, no. 2 (2017): 114–20.

Rosyadi, Imron, Fakultas Ekonomi, and Universitas Muhammadiyah. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Milik Mahasiswa” 17, no. 3 (2013): 111–22.

Santi, Susanti. “MARKETING COMMUNICATION OF LOCAL COMMODITIES PRODUCTS WITH COMMUNITY- BASED THROUGH MEDIA USAGE (Case Study of FruitsUp, UMKM in Jatinangor)” 20, no. 3 (2018): 277–81. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.15590.

Saragi, Adhe Anggreini. “Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Keajinan Batu Bata Berdasarkan Analisis SWOT,” 2017.

Setiawan, Budi, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi, and Kesatuan Bogor. “Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Bambu Di Wilayah Kampung Pajeleran Sukahati Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor,” no. August 2010 (2016). https://doi.org/10.29244/jmo.v1i2.14158.

“STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL DAN MENENGAH Sri Lestari Triyaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta,” n.d., 37–46.

Studi, Program, Pendidikan Ekonomi, Bidang Keahlian, Khusus Pendidikan, Jurusan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Fakultas Keguruan, D A N Ilmu, and Universitas Sanata Dharma. “SEKTOR INDUSTRI KERAJINAN BATU BATA,” 2016.

Sudirman, Deden, Seasonal Calender, Diagram Venn, and Pembelajaran Nilai. “MAHASISWA BERBASIS PARTICIPATORY ACTION RESEARCH SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN KEPEDULIAN SOSIAL,” n.d.

Usaha, Pengembangan, Mikro Kecil, D A N Menengah, Prihatin Lumbanraja, Arlina Nurbaity Lubis, Sitti Raha, and Agoes Salim. “KERAJINAN MENJAHIT DAN BORDIR DI KECAMATAN Abstrak” 2, no. 4 (2017): 41–47.

Usaha, Strategi Pengembangan, Mira Nurmagribah, Universitas Islam, and Negeri Syarif. “10/Lf. M/1.117 Tl,” n.d.

Wibawa, Sutrisna. “Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Analisis SWOT,” n.d.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v6i2.4353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: