ANALISIS PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, MUDHARABAH, DAN MUSYARAKAH TERHADAP RETURN ON ASSET STUDI KASUS PADA PT BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk. PERIODE 2015-2018

Faisal Umardani Hasibuan

Abstract


Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh pembiayaan murabahah, pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. tahun 2015-2018. Populasi penelitian ini adalah PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan bulanan Maret 2015-Juni 2018. Sumber data di peroleh dari situs www.ojk.go.id. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis regresi berganda, uji simultan (F) dan uji parsial (t) dengan bantuan software program SPSS 22. Variabel Return On Asset (ROA) merupakan variabel dependen, sedangkan pembiayaan murabahah, pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah adalah variabel independen. Berdasarkan uji parsial hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA),  pembiayaan mudharabah berpengaruh signifikan positif terhadap Return On Asset (ROA), sedangkan pembiayaan musyarakah berpengaruh signifikan negatif terhadap Return On Asset (ROA). Secara simultan pengaruh pembiayaan murabahah, pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA)


Keywords


Return On Asset (ROA), pembiayaan murabahah, pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah

Full Text:

PDF

References


Ascarya. 2011. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Faradila, Cut, M. Arfan, dan M. Shabri. 2017. Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Istishna, Ijarah, Mudharabah dan Musyarakah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Magister Akuntansi, Vo. 6, No. 3, Agustus 2017.

Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanania, L. 2015. Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Profitabilitas Perbankan Syariah Dalam Jangka Pendek Dan Jangka Panjang. Perbanas Review, Vol. 1, No. 1, 151-168.

Hasanah, Nurul. 2017. Analisis Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah Terhadap Tingkat Profitabilitas Pada Bank Syariah Mandiri. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Ismail. 2014. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

______. 2015. Manajemen Perbankan (Ed. ke-13). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kiswati, Maya. 2017. Analisis Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Mudharabah, dan Musyarakah Terhadap Return On Asset Pada PT. Bank Syariah Mandiri Tbk Periode 2012-2016. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Muhammad. 2015. Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pandia, Frianto. 2012. Manajemen Dana dan Kesehatan Bank. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanusi, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Malang: Buntara Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Susilo, Edi. 2017. Analisis Pembiayaan dan Risiko Perbankan Syari’ah. Yogyakarta: UNISNUPRESS.

Otoritas Jasa Keuangan. 2017. Laporan Keuangan Bank Muamalat Indonesia Januari-Desember 2017. http://www.ojk.go.id, diunduh tanggal 4 Juni 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v1i6.4162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: