Analisis Sistem Dropshipping Menurut Ekonomi Islam

andi triyawan

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan akhir-akhir ini telah menghasilkan berbagai macam variasi dalam mencari mata pencaharian. Termasuk perkembangan perdagangan dengan memanfaatkan teknologi, sehingga transaksi komunikasi jarak jauh menjadi lebih mudah dan efisien. Dalam transaksi jual beli kontemporer seiring dengan perkembangan teknologi pula telah memunculkan bentuk penjualan lainnya dalam bentuk penjualan on-line yaitu dropshipping. Dropshipping adalah model penjualan online dengan proses penjualan produk tanpa harus memiliki banyak modal, dan penjual tidak perlu mengurus pengiriman barang ke pembeli.

Dengan bisnis ini memungkinkan adanya transaksi antara supplier dan dropshipper, meskipun tanpa tatap muka secara langsung. Saat ini, banyak pengusaha Muslim menjalankan penjualan mereka dengan menggunakan sistem dropshipping. Jual beli model dropshipping sangatlah menguntungkan dua pihak baik supplier dan dropshipper. Supplier terbantu dalam hal pemasaran oleh pihak dropshipper, adapun dropshipper tidak perlu menyetok barang dan hanya melalui komunikasi dengan supplier.

Akan tetapi prinsip dalam Islam dalam jual-beli bukan hanya sekedar saling menguntungkan akan tetapi harus sesuai syariat Islam. Dan dengan ini, isu-isu tentang sistem dropshipping akan dipelajari untuk menghapus keraguan Muslim pada prospek ekonomi Islam terhadap dropshipping.

Dari permasalahan diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui system dropshipping menurut ekonomi Islam dan untuk mengetahui aplikasi dalam system dropshipping menurut ekonomi Islam.

Penelitian ini adalah penelitian literatur dengan pendekatan normatif terhadap konsep jual beli dalam ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan analisis pendekatan konseptual. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dengan mengunjungi perpustakaan ataupun sumber data dan metode dokumentasi, dengan mencari data pada tulisan para pakar, transkip dan majalah yang berhubungan dengan aplikasi dropshipping dewasa ini. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah metode deduktif, untuk mendiskripsikan konsep umum tentang dropshipping dan ekonomi Islam. Metode induktif juga digunakan dalam membahas konsep dasar dropshipping menurut Islam. Deskriptif content metode analisys juga akan digunakan  dalam menganalisa aplikasi konsep dropshipping menurut ekonomi Islam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konsep jual beli menurut ekonomi Islam termasuk dropshipping telah diatur dalam al-Qur’an dan hadits. Berdasarkan penelitian ini, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa akad jual beli model dropshipping diperbolehkan selama tidak mengandung unsur-unsur yang dapat merusaknya seperti riba, kezaliman, penipuan, kecurangan, dan sejenisnya serta memenuhi rukun-rukun dan syarat-syarat didalam jual beli menurut Islam. Dan dalam aplikasinya bahwa konsep dropshipping menurut ekonomi Islam menggunakan akad ba’i salam sesuai dengan syarat-syarat dan ketentuan yang telah berlaku dalam ba’i salam.


Keywords


dropshipping, jual beli, riba

Full Text:

PDF

References


القرآن الكريم.

الزحيلي، وهبة. 2008 .الفقه الإسلامي وأدلته. الجزء الخامس. دمشق: دار الفكر.

السجستاني الأزدي، أبي داود سليمان بن الأشعث. 1999 .سنن أبي داود. الجزء الثالث. القاهرة: دار الحديث.

المحسن التركي، عبد الله بن عبد و محمد الحلو، عبد الفتاح. 1992 .المغني. الجزء السادس. القاهرة: دار هجر.

Combley, Roz. 2011. Cambridge Business English Dictionary, UK: Cambridge University Press.

DRJ, Business Continuity Glossary, Disaster Recovery Journal, (January 4, 2013)

Hatem Ali, Amir. “The Power of Social Media in Developing Nations: New Tools for Closing the Global Digital Divide and Beyond”, Harvard Human Rights Journal, (Vol. 24, 2011)

Howart, David. 2012. Dropshipping for Profit. Amazon Digital Services,Inc.

Mufti Nasim Ahmad Qasmi, Economy The Islamic Approach (Pakistan: Darul Ishaat, 2009)

Salman, Ali. “ICT, the New Media (Internet) and Development: Malaysian Experience”, The Innovation Journal: The Public Sector Innovation Journal, (Volume 15, No. 1, 2010)

Sarker, Abdul Awwal. “Islamic Business Contracts, Agency Problem And The Theory Of The Islamic Firm”, International Journal of Islamic Financial Services, (Vol. 1 No.2, 1999)

Selvie, Valerie. “Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Electronik Commerce”, Legality. (Vol.11, No.1, Maret – Agustus 2003)

Sinclair, Alexander. 2012. The Drop Shipping Guide, How to Start Your Drop Shipping Business without the Learning Curve. Quite Right.

Youderian, Andrew and Hayes, Mark. 2013. The Ultimate Guide to Dropshipping. Lulu Publishing Services.

Zainul, Norazlina, et al. “E-Commerce From An Islamic Perspective”, Electronic Commerce Research And Applications. (Vol. 3, 2004)

Indonesia

Al Arif, M. Nur Rianto. “Penjualan On - Line Berbasis Media Sosial dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Jurnal Ijtihad STAIN Salatiga. (Vol. 13, No. 1, June 2013)

Badri, Muhammad Arifin. 2012. “Dropshipping dan Alternatif Transaksinya yang sesuai Syari’ah”. Pengusaha Muslim, Majalah Pintar Pengusaha Muslim. 31st edition. Yogyakarta: Yayasan Bina Pengusaha Muslim.

Guci, Kamdan. 1992. Penuntut Memilih & Melamar Pekerjaan. Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.

Iswidharmanjaya, Derry. 2013. Dropshipping Cara Mudah Bisnis Online. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Komputer, Wahana. 2013. Membangun Usaha Bisnis Dropshipping. Jakarta: Elex Media Komputindo.

M. Nur Rianto Al Arif. “Penjualan On - Line Berbasis Media Sosial Dalam Perspektif Ekonomi Islam”, Jurnal Ijtihad STAIN Salatiga, (Vol. 13, No. 1, Juni 2013)

Purnomo, Catur Hadi. 2013. Jualan Online Tanpa Repot dengan Dropshipping. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Shofiyullah Mz, dkk, “E-Commerce dalam Hukum Islam (Studi atas pandangan Muhammadiyah dan NU)”, Jurnal Penelitian Agama, Vol. XVII, No. 3, 2008

Syafii, Ahmad, S.Kom and Creativity, Java. 2013. Step by Step Bisnis Dropshipping & Reseller, Bisnis yang Sederhana, Dinamis, dan Atraktif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yustisia, Cita, et al. 2013. Buku Pintar Bisnis Online dan Transaksi Elektronik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v0i0.1313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: