DINAMIKA GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH MUALLIMIN UNIVA MEDAN

Rifdah Hasan Parinduri Rustam

Abstract


Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika dari gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Muallimin Univa Medan, dalam konteks yang terfokus pada gaya kepemimpinan dan juga perubahan yang terjadi pada masa kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Muallimin Univa Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Muallimin Univa Medan, bagaimana pelaksanaan kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Muallimin Univa Medan, dan bagamaiana perubahan yang terjadi pada masa kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Muallimin Medan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Muallimin Univa Medan berbeda-beda setiap masanya. Setiap pemimpin memiliki ciri khas yang berbeda-beda dalam menjalankan kepemimpinannya. Gaya kepemimpinan inilah yang menjadi ciri khas dari seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya. Gaya kepemimpinan akan menentukan perjalanan roda organisasi yang dijalankan oleh seorang pemimpin. (2) Pelaksanaan dari Kepemimpinan Kepala Madrasah di MTs Muallimin UNIVA Medan sudah mumpuni. Setiap pemimpin memberi kebijakan-kebijakan yang bisa diterima oleh stakeholder sekolah yang ada. Hal ini sangat baik untuk kelangsungan citra baik sekolah. (3) Kepala madrasah dari masa ke masa telah melakukan perubahan-perubahan yang mampu menaikkan eksistensi sekolah.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v9i2.8381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter