KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMANEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR
Abstract
Data collection
techniques using interviews, observation, and documentation. The results of this
study indicate that the leadership style of the headmaster of SMA Negeri 1 Darul
Imarah has two leadership styles namely, charismatic leadership style and
democratic leadership style. While the teacher pedagogical competency
development model by the head of Neegri 1 Darul Imarah High School uses the
model of class supervision, workshops, procurement of school meetings, and
seminars or training. The obstacles of the head of SMA Negeri 1 Darul Imarah in
developing teacher pedagogical competence are, the lack of teacher preparation in
making learning tools, and there are some teachers who lack discipline in
attending meetings.
Full Text:
PDFReferences
Didin Kurniadin dan Imam Machali, Manajemen Pendidikan , Jogjakarta : Ar-Ruzz
Media, 2012.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bandung: Balai Pustaka, 1989.
Departemen Negara RI, Direktor Jenderal Pendidikan Islam, Undang-Undang No.
Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta: Direktur Pendidikan Madrasah,
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Hikmat, Manajemen Pendidikan, Cet. III, Bandung : Pustaka Setia, 2014.
Jejen Musfah, Peningkatan Kompetensi Guru, Jakarta: Kencana Prenada Media
Group, 2011.
Jumhur dan Muh.Suryo, Bimbingan dan Penyeluhan di Sekolah, Bandung: CV. Ilmu,
M. Furqon Hidayatullah, Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan
Cerdas, Surakarta: Yuma Pustaka, 2009.
M. Ngalim Purwanto dkk, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Mutiara, 1984.
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.
Piet A. Sahertian, Profil Pendidik Profesional, Yogyakarta : Andi Offet, 1994.
Piet A. Sahertian dan Frans Mataheru, Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan,
Surabaya: Usaha Nasional, 1981.
Sri Rahmi dan Umiarso Elrumi, Manajemen Pendidikan dan Kepemimponan
Transformasional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offest, 2016.
Sri Rahmi, Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi, Jakarta: Mitra
Wacana Media, 2014.
Standar Nasional Pendidikan (SNP). Lihat juga Mulyasa, Standar Kompetensi dan
Sertifikasi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
Syaiful Bahri Djamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha
Nasional, 1994.
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interkasi Edukatif, Jakarta :
Rineka Cipta, 2005.
Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan, Bandung :
Alfabeta, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D, Bandung: Alfabeta, 2015.
Suharsimi Arikunto, Prosudur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina
Ilmu, 1990.
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan
Permasalahannya , Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Waridjan dkk, Pengembangan kurikulum dan Sistem Intruksional , Jakarta : Proyek
Pengembangan LPTK, 1984.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v8i2.6975
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizational Collaboration:
Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:
Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jam Kerja
09.00-17.00 Wib
Senin-Sabtu