ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA KOMUNIKASI VIRTUAL TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PADA PEMBELAJARAN ONLINE
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Affandy, B. A., & Janan, T. (2024). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GAME MEGASUS BERBASIS ANDROID TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SMPIT ALAM PERMATA PROBOLINGGO. In AL JABAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (Vol. 3, Issue 2, pp. 61–68). STAI Muhammadiyah Probolinggo. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.1085
Amalia, E. K., & Hidayat, O. (2023). KOMUNIKASI PERSUASIF PEDAGANG ONLINE TERHADAP PERUBAHAN KEBIASAAN BERBELANJA PADA MASYARAKAT SUMBAWA. In Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam (Vol. 6, Issue 2, p. 39). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. https://doi.org/10.22373/jp.v6i2.19067
Amril, A. (2023). EFEKTIVITAS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN. In Dharmas Education Journal (DE_Journal) (Vol. 4, Issue 1, pp. 311–317). Universitas Dharmas Indonesia. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.971
Armaeni, A., Wahyono, U., & Kamaluddin, K. (2014). PENGARUH PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP OPTIK pada SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 MARAWOLA. In JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) (Vol. 2, Issue 3, p. 50). Fakultas MIPA Universitas Tadulako Palu. https://doi.org/10.22487/j25805924.2014.v2.i3.4384
Asdar, A., Fatimah, F., & Nurhidayah, N. (2020). Pembelajaran Generatif Media Barbek Terintegrasi PPK terhadap Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis. In Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 9, Issue 2, p. 124). Universitas Negeri Makassar. https://doi.org/10.35580/sainsmat92153812020
Bellinda, B., Pandra, V., & Fauziah, A. (2024). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. In Mandalika Mathematics and Educations Journal (Vol. 6, Issue 1, pp. 47–57). Universitas Mataram. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.6731
Fanani, A. R., Ratnawati, U., & Inayah, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IX Pada Materi Listrik Statis. In Indonesian Journal of Science Learning (IJSL) (Vol. 3, Issue 2, pp. 93–100). State Islamic University (UIN) of Sunan Ampel. https://doi.org/10.15642/ijsl.v3i2.2250
Fitri, A. Al, Hasnida, I. S. D., & Supartini, E. (2022). Penerapan Analisis Faktor Terhadap Efektivitas Pembelajaran Online Mahasiswa FMIPA UNY Selama Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika (Vol. 5). Universitas Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.21831/pspmm.v5i1.236
Hamid, N. A. A., Amaluddin, A., & Majid, A. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UMI MAKASSAR. In RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI (Vol. 1, Issue 2). Universitas Muslim Indonesia. https://doi.org/10.33096/respon.v1i2.23
Imani, A. H. (2023). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah Kaliwates, Jember pada Materi Pembelajaran Tematik. In Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Vol. 5, Issue 2). Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://doi.org/10.23917/bppp.v5i2.8297
Junaid, A., Susanto, E., & Sukmawati, S. (2024). Dimensi Perilaku Pembelajaran Online Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi di Kota Makassar). In Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban (Vol. 10, Issue 1). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. https://doi.org/10.24252/jiap.v10i1.44325
Kresnamurti, R., Fauziyah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Efektivitas Penggunaan WhatsApp sebagai Media Komunikasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. In Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia (Vol. 1, Issue 2, pp. 7–13). Politeknik Raflesia. https://doi.org/10.53494/jpvr.v1i2.91
Mayasari, A., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2022). META ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. In ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (Vol. 8, Issue 1, p. 10). Universitas Muhammadiyah Mataram. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.7056
Meryana, A. Y., Rahmawati, A., & Inganah, S. (2025). Analisis Pemahaman Peserta Didik pada Materi Perubahan Energi Angin menjadi Energi Gerak dengan Media Kertas Spiral Bergerak. In Pedagogik: Jurnal Pendidikan (Vol. 20, Issue 1, pp. 39–43). Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9569
Nasrullah, A., Ende, E., & Suryadi, S. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EDMODO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA EKONOMI TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIKA. In Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. Universitas Pasundan. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.346
Pasaribu, A., Lubis, S., & Silalahi, R. A. B. (2023). PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI GURU PADA MASA PANDEMI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SIBOLGA. In JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi (Vol. 8, Issue 1, p. 37). Universitas Darma Agung. https://doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.3140
Purwanto, A., Nugroho, A., & Mandasari, E. (2022). ANALISIS EFEKTIVITAS METODE GURU BAYANGAN PADA PEMBELAJARAN SISWA PAUD SAAT MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENCAPAIAN RPPH. In Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer (Vol. 8, Issue 1). Universitas Dhyana Pura. https://doi.org/10.36002/jutik.v8i1.1770
Putra, A., & Karim, S. A. (2021). EFEKTIVITAS ZOOM MEETING DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI LISTENING DAN SPEAKING. In NIVEDANA : Jurnal Komunikasi dan Bahasa (Vol. 2, Issue 1, pp. 53–59). Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri-Jawa Tengah. https://doi.org/10.53565/nivedana.v2i1.269
Putri, A. R., & Hastuti, H. (2023). Analisis Kebutuhan Infografis Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Pada Materi Kerajaan Islam Untuk SMA. In Jurnal Kronologi (Vol. 5, Issue 4, pp. 1–10). Universitas Negeri Padang. https://doi.org/10.24036/jk.v5i4.771
Rofiah, Z., & Miah, M. (2025). Strategi Komunikasi Persuasif dalam Media Dakwah: Kontribusinya terhadap Peningkatan Pemahaman Pendidikan Agama Islam. … : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/alamtaraok/article/view/3800
Setyaki, P. L. (2024). EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN SISWA AKTIF PADA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENERAPAN PRAKTIS. In NOZEL Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (Vol. 6, Issue 1, p. 34). Universitas Sebelas Maret. https://doi.org/10.20961/nozel.v6i1.84033
Suhandi, A., Sinaga, P., Kaniawati, I., & Suhendi, E. (2008). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL PADA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MEMINIMALKAN MISKONSEPSI. In Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 12, Issue 2, pp. 48–54). Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v12i2.35775
Suhandi, A., Sinaga, P., Kaniawati, I., & Suhendi, E. (2009). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL PADA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MEMINIMALKAN MISKONSEPSI. In Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 13, Issue 1, p. 35). Faculty of Mathematics and Science Education. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v13i1.304
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v13i2.26565
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hijri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Organizational Collaboration:
Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:
Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







2.png)


