RETORIKA KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DI SEKOLAH

Nasrul Syakur Chaniago, Pangulu Abdul Karim Nasution, Fauzi Fahmi

Abstract


Keterampilan dasar mengajar bagi guru diperlukan agar guru dapat melaksanakan perannya dalam mengelolah proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. 1) Persiapan mengajar yang dilakukan terdiri dari tiga bentuk yaitu persiapan pembelajaran berupa membuat silabus, RPP, prota, prosem, media pembelajaran dan sumber belajar, persiapan fisik dan dan persiapan mental. 3) Impelementasi keterampilan dasar mengajar guru melalui bertanya dan menjawab dapat meningkatkan partisipasi peserta didik secara penuh dalam proses pembelajaran dan memudahkan guru dalam mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukannya. 4) Implikasi keterampilan dasar guru menjadikan proses pembelajaran berjalan dengan efektif, karena semua siswa secara antusias merasa nyaman dan memberikan respon yang positif dalam setiap proses pembelajaran.


Full Text:

PDF PDF

References


Aminah, N., Dewi, I. L. K., & Santi, D. P. D. (2017). KETRAMPILAN BERTANYA DAN SELF CONFIDENCE MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MIKRO. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.258

Andi, P. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI. In Kencana.

Chua, B. S. (2012). Stres Pekerjaan, Kepuasan Kerja, Masalah Kesihatan Mental dan Strategi Daya Tindak: Satu Kajian di Kalangan Guru Sekolah di Kota Kinabalu, Sabah. Jurnal Teknologi. https://doi.org/10.11113/jt.v40.426

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (memilih diantara lima pendekatan). In Penelitian Kualitatif.

Dabbagh, N., & Kitsantas, A. (2012). Personal Learning Environments, social media, and self-regulated learning: A natural formula for connecting formal and informal learning. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2011.06.002

Dudung, A. (2018). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan). https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Fauziah, A. (2012). Sekolah Holistik : Pendidikan Karakter Ala Ihf. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami.

Griffiths, K. M., Bennett, K., Walker, J., Goldsmid, S., & Bennett, A. (2016). Effectiveness of MH-Guru, a brief online mental health program for the workplace: A randomised controlled trial. Internet Interventions. https://doi.org/10.1016/j.invent.2016.09.004

Habibullah, A. (2012). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.169

Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2016). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF. Journal of Mechanical Engineering Education. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3816

Kobau, R., Seligman, M. E. P., Peterson, C., Diener, E., Zack, M. M., Chapman, D., & Thompson, W. (2011). Mental health promotion in public health: Perspectives and strategies from positive psychology. American Journal of Public Health. https://doi.org/10.2105/AJPH.2010.300083

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055

Machluf, K., & Bjorklund, D. F. (2015). Evolutionary Developmental Psychology. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.81018-1

Miftah, M. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.473

Montessori and Early Childhood: A Guide for Students. (2013). In Montessori and Early Childhood: A Guide for Students. https://doi.org/10.4135/9781446269343

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran dalam pendidikanPangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 121–126. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/12/Bayu-Aji-Pangestu.pdf. Seminar Nasional Pendidikan.

prastya, agus. (2016). Strategi pemilihan media pembelajaran bagi seorang guru. Media Pembelajaran.

Ridder, H.-G. (2012). Yin , Robert K .: Case Study Research . Design and Methods. Zeitschrift Für Personalforschung.

Royani, M., & Muslim, B. (2014). Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz pada Materi Segi Empat. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.586

Sadiman, A. S. (2010). Arief S. Sadiman, dkk, Media Pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010). h.6. Arief S. Sadiman.

Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad-21. In Pustaka Media Guru.

SOFFIATUN, S., & RUSMAINI, R. (2020). KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER 6C PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG (Studi Analisis Keterampilan Menjelaskan). EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.3850

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sunanda, W. D., & Setyabudi Indartono. (2017). Analisis Karakteristik Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. The Effect of Work Environtment and Organizational Culture on Manager’s Transformational Leadership Style Within the Change of Collectivism to Individualism Culture.

Sundari, F. S., & Muliyawati, Y. (2017). ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PGSD. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.33751/pedagog.v1i1.225

Surya, A., Sularmi, Istiyati, S., & Prakoso, R. F. (2018). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Finding Hots-Based Mathematical Learning in Elementary School Students.

Sutarmanto. (2015). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendiidkan.

Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. ISLAMIC COUNSELING: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331

Wahyulestari, M. R. D. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA.

Yahya Othman, & Wan Mat Sulaiman. (2011). Budaya dan Strategi Membaca dalam Pembentukan Karakter Guru di Brunei Darussalam. Sosiohumanika.

Zubaedah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v10i1.11354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter