MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN POKOK BAHASAN IRISAN KERUCUT DI KELAS XI MIPA -1 MAN 3 MEDAN

Abdul Latip Hasibuan

Abstract


Problem Based Learning adalah kurikulum dan proses pembelajaran. Dalam kurikulumnya, dirancang masalah yang siswa mendapatkan pengetahuan yang penting, membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah, dan memiliki strategi belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam tim. Proses pembelajarannya menggunakan pendekatan yang sistematik untuk memecahkan masalah atau menghadapi tantangan yang nanti diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas XI Mipa -1 MAN 3 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian berupa penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah Kelas XI. Kelas yang diteliti terdiri dari 30 orang siswa. Berdasarkan hasil belajar dari siklus I, diperoleh nilai rata-rata 75. Setelah suklus  II, terjadi peningkatan menjadi 85. Pada penelitian ini diperoleh data kriteria ketuntasan belajar individu dan klasikal, menjadi sebanyak 30 siswa atau sebesar 100%.Dengan demikian pembelajaran pada penelitian ini dapat dikatakan telah tuntas.Tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, yang dibuat berdasarkan tes akhir adalah 100% siswa yang mempunyai penguasaan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan XI Mipa -1 MAN 3 Medan mengalami peningkatan akivitas belajar dan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa.

 

Kata Kunci: Aktivitas belajar, model pembelajaran Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Dimyati., Mudjiono., (2010), Belajar dan Mengajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Djamarah,Syaiful., (2011), Psikologi Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2010), BukuPedoman Penulisan Skripsi dan Proposal Mahasiswa Program Studi Pendidikan, FMIPA Unimed.

Hasugian, Turian., (2009) Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA, Skripsi, FMIPA Unimed, Medan.

Kunandar. (2008), Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Penerbit PT RajaGrafindo, Jakarta

Mega ., Kania., (2009), Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit CV Regina, Bogor.

Rohani, Ahmad., (2004), Pengelolaan Pengajaran, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Sadirman.,A.M., (2010), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.Saripudin., (2011), http://www.tubasmedia.com/

.

Sidabarida, Linda., (2010), Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Lingkaran di Kelas VIII SMANegeri 10 Pematang Siantar T.A 2009/2010, Skripsi, FMIPA Unimed, Medan.

Sumardyono ., (2012), http:/P4tkmatematika.org/file/ promblensolving/Tahapan memecahkan Masalah.pdf) (accessed 07 Mei 2012)

Sumarmo,U., Dedy, E., Rahmat., (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk MeningkatkanPemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMA. Laporan Hasil Penelitian, FPMIPA, IKIP Bandung.

Tim Instruktur UNIMED., (2012), Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, UNIMED, Medan.

Wardhani S., (2004), Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Diskursus terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Matematika, Skripsi, FMIPA, UPI, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v9i2.11118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter