NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KISAH ASHABUL KAHFI (ANALISIS KAJIAN ALQURAN SURAH AL-KAHFI: 9-26)

Rahmansyah, Achyar Zein, Syamsu Nahar

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:1) Bagaimana penafsiran Alquran pada kisah
Ashâbul Kahfi menurut para mufassir. 2) Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada
kisah Ashâbul Kahfi dalam Alquran, dan 3) Apa relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat
pada kisah Ashâbul Kahfi dengan kondisi masyarakat modern saat ini. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan tafsir Tahlili, yang menggunakan sumber primernya
ialah Alquran. Di antara buku tafsir yang digunakan ialah tafsir Ibnu Kacîr karya Ibnu Kacîr dan
tafsir Jalâlain karya Jalaluddian Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Ashuyuthi Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Penjelasan nilai-nilai yang terdapat dalam nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah Ashâbul
Kahfi dalam Alquran, ialah: Keyakinan tanda-tanda kekuasaan Allah swt. yang telah mengutus para
pemuda didalam gua, keyakinan pada perlindungan yang Allah swt berikan kepada hambanya, dan
keyakinan terhadap janji Allah mengenai hari kiamat dan hari kebangkitan, berikhtiar dan bertawakkal
kepada Allah swt, 2) Terdapat tiga belas nilai pendidikan Islam dalam kisah Ashâbul Kahfi dalam
Alquran, ialah: Nilai aqidah, tawadhu, tasamuh (toleransi), ikhtiar, tawakkal, istiqomah, siddiq,
zuhud, tafakkur (berpikir), taqwa, wira’i (berhati-hati), i’tsar (mengutamakan kepentingan orang
lain, dan muhâsabatun nafsi (intropeksi diri). 3) relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah
Ashâbul Kahfi yang terjadi pada kondisi masyarakat saat kini yaitu penurunan terhadap ketakwaan
kepada Allah swt dan moral terhadap sesama manusia, rasa kegoisan yang tinggi, mudah dalam
berkata dusta, selalu merasa bangga diri tanpa memikirkan orang lain, rasa malas dalam proses
untuk mencari ilmu pengetahuan dan hubbud dunyâ. Kondisi tersebut direlevansikan kepada nilainilai
pendidikan Islam dalam kisah Ashâbul Kahfi dalam Alquran bahwa dengan nilai-nilai pendidikan
Islam dalam kisah Ashâbul Kahfi ini dapat merubah kondisi ketakwaan terhadap Allah swt dan
moral manusia menjadi lebih baik yang berpedoman pada Alquran dan Hadis.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Mahalli, Jalaluddian dan Jalaluddin As-Asuyuthi, Tafsir Jalâlain Bandng, Sinar Baru Algensindo,1997

Agil, Said Husin Al Munawar, Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam. Ciputat:

Ciputat Press, 2005.

Departemen Pendidikan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: t.t.p, 2000.

W.J.S. Purwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia . Jakarta : Balai Pustaka, 2001.

H.M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner.

Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Kacîr, Ibnu, Tafsir Ibnu Kacîr, Terj. Abu Ihsan al-Atsari, Jld, V. Bogor: Pustaka Ibnu Katsir, 2006.

Khobir, Abdul, Filsafat Pendidikan Islam: Landasan Teoritis dan Praktis. Pekalongan: STAIN Pekalongan

Press, 2007.

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya, 2011.

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Isalm Pendekatan Historis, Toritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat

Pers, 2002.

Nugroho, Irham, “Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kisah-kisah yang Terkandung Ayat Alquran”,

dalam Uhamka: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8 No 1, 2017.

Putra , Haidar Daulay, Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta,

Shalah, A.Fattah Al-Khalidy, Kisah-Kisah Alquran Pelajaran dari Orang-Orang Dahulu. Jakarta: Gema

Insani Press, 2000.

Shihab, Quraish, Tafsir Al- Misbâh. Jakarta: Lentera Hati. 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i4.6346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.