KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MENURUT IBNU SAHNUN (Studi Analisis Kitab Adâb al-Mu’allimîn )

Karlina, Achyar Zein, Zulheddi

Abstract


relevansi pemikirannya terhadap pendidikan masa kini. Kompetensi kepribadian guru merupakan bekal
utama dalam menjalankan tugas secara profesional. Beberapa aspek kompetensi kepribadian yang dimiliki
oleh guru bertujuan agar dapat memperbaiki moral dan etika dalam dunia pendidikan. Maka dari itu,
penelitian ini akan menelaah kitabAdâb al-Mu’allimin yang akan mendeskripsikan kompetensi kepribadian
guru menurut Ibnu Sahnun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
pustaka (library Research). Hasil dari penelitian ini bahwa kompetensi kepribadian guru menurut Ibnu
Sahnun yaitu: menghindari diskriminasi terhadap anak didik karena perbedaan status sosial, berlaku
adil, kasih sayang dan lemah lembut, tidak bertindak ketika saat marah/emosi, tidak memberikan hukuman
berlebihan, ikhlas karena Allah swt, tidak membebani anak didik dengan suatu hadiah selain gaji yang
diterimanya, tanggungjawab, memperhatikan keadaan anak didik, pembinaan akhlak, bertaqwa kepada
Allah swt. Di samping itu, relevansi pemikiran Ibnu Sahnun dengan pendidikan masa kini, bahwa adanya
kesesuaian antara kompetensi kepribadian guru menurut Ibnu Sahnun dengan Standar Nasional Pendidikan
yang telah ditetapkan yaitu memiliki kepribadian mantab, stabil, dewasa, arif, bijaksana, menjadi teladan
dan berakhlak mulia.
This thesis aims to know the personality of teacher competence according to Ibn Sahnun and his
relevance to education. The personality of teachers competence is a major provision in the running
tasks in a professional manner. Some aspects of the competencies possessed by the personality of the
teacher aims in order to improve the moral and ethical in the world of education. Thus, this research will
examine theAdâb al-Mu’allimîn book that would describe the personality of teacher competence according
to Ibn Sahnun.This study used a qualitative approach to the type of library research. The data
source used is the source of primary data and secondary data sources. The results from this research
that the personality of teacher competence according to Ibn Sahnun, namely: avoid discrimination
against students because of the difference in social status, justice, compassion and gentle, not acting
when angry/emotional, not giving excessive punishment, sincere because Allah Swt. do not overload
the students with a gift in addition to the salary received, responsibility, pay attention to the circumstances
of the students, the construction of the morals, piety to Allah swt. In addition, the relevance of
the thought to Ibn Sahnun with education today, that the existence of the suitability between the personality
of teacher competence according to Ibn Sahnun with education standards set namely has great
personality, stable, adult, wise, be an example and have a noble character.
Keywords: The personality of teacher competence, Ibn Sahnun, Adâb al-Mu’allimîn book.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anees, Bambang Q, dan Adang Hambali,Pendidikan Karakter Berbasis Alquran (Bandung: Simbiosa Rekatama

Media, 2008)

Ali, Herry Noor,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Logos, 1998)

Asmani, Jamal Ma’mur,7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional (Jogyakarta: Power Books,

Al-Abrasy, Muhammad Athiyah,Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustami A. Gani dan Djohar

L.I.S (Jakarta: Bulan Bintang, Cet 7, 1993)

Asari, Hasan,Menguak Sejarah Mencari Ibrah; Risalah Sejarah Sosial Intelektual Muslim Klasik (Bandung:

Citapustaka Media, 2006)

BSNP,Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar

Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru (Jakarta: 2007)

BSNP,Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Jakarta: t.p.

Bek, A.H. Mukhtar,al-Hadis al-Nabawiyyah wa al-Hikam al-Muhammadiyah, Cet ke-4.

Basyarahil (Jakarta: Gema Insani Press, 2002)

Cowell, Richard NBuku Pegangan Para Penulis Paket Belajar (Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan

Tenaga Kependidikan, Depdikbud, 1989)

Echols, John M, dan Hasan Shadily,Kamus Inggris-Indonesia (Jakarta: Gramedia,1990)

al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad Ibn Muhammad,Ihya’ Ulumuddin, Juz III (Beirut: Libanon Dar al-

Ma’rifah, t.t.)

Ghuddah, Abd Al-Fattah Abu,40 Strategi Pembelajaran Rasulullah (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005)

Hamalik, Oemar,Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)

al-Hijazi, Abd ar-Rahman Uthman, Mazhab at-Tarbawi Inda’ Ibnu Sahnun (Beirut: Maktab ‘Ashriyyah,

Ismail, Sya’ban Muftah “Muhammad Ibnu Sahnun: An Educationalist and a Faqih”Muslim Edication Quarterly,

Vol.12. No.4. (Cambridge, U.K:The Islamic Academy, 1995)

Langgulung, Hasan,Asas-Asas Pendidikan Islam (Jakarta; Pustaka al-Husna, 1987)

al-Mathawi, Muhammad al-Arusi dalam Muqaddimah,Adab al-Mu’allimin Ibu Sahnun (Tunis: Al-Manar,

Cet- II, 1972)

Munawwir, Ahmad Warson,Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997)

Musfah, Jejen,Peningkatan Kompetensi Guru (Jakarta: Kencana, 2011)

———————,Peningkatan Kompetensi Guru; Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik

(Jakarta: Kencana, 2011)

Mulyasa,Kurikulum Berbasis Kompetensi (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004)

Munir, Abdullah,Spiritual Teaching (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2006)

An-Nahlawi, Abdurrahman,Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Sekolah Keluarga dan

Masyarakatt (Jakarta: CV Diponegoro, 1992)

An-Nawawi, Abu Zakariya Yahya bin Syarif,At-Tibyan fi Adabi Hamalah Alquran (t.t.p: t.p, 1426 H)

EDU RILIGIA: Vol. 3 No.2 April-Juni 2019

Karlina: Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Ibnu Sahnun (Studi Analisis KitabAdâb al-Mu’allimîn)

Purwanto, M. Ngalim,Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis (Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet: 15, 2003)

Rustyah, N.K.Pendidik dan Profesionalisme (Jakarta: Mas Agung, 1982)

Rosyadi, Khoiron,Pendidikan Profetik (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2004)

Rochman, Chaerul, dan Heri Gunawan,Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru; Menjadi Pendidik

yang Dicintai dan Diteladani Siswa (Bandung: Nuansa, 2016)

Roqib, Moh. dan Nurfuadi,Kepribadian Guru (Purwokerto: STAIN Purwokerto Press, 2011)

Suparno, Paul,Guru Demokratis di Era Reformasi Pendidikan (Jakarta; Grasindo, 2004)

Suhnun, Muhammad bin,Adab al-Mu’allimin (Tunisia: Dar Buwsalamah li al- Thab’ah wa al- Nasyr wa al-

Tauzi, t.t.)

Syafi’i, Ibrahim Muhammad,Min A’lam al-Tarbiyah al-Islamiyah (Maktabah al-Tarbiyah al-‘Arabi li Duwal al-

Khalij, 1988)

Tafsir, A. dkk,Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam (Bandung: Mimbar Pustaka, 2004)

Tirtahardja, Umar, dan La Sulo,Pengantar Pendidikan (Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, 2005)

Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1992)

Tim Penyususun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia

(Jakarta: Balai Pustaka , 1990)

Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (t.t.p: Citra Umbaran,

Utsman, Uzer,Profil Pendidik (Jakarta: Erlangga, 2007)

Qutb, Sayyid,Tafsir Fi Zhilalil Quran, Terj. As’ad Yasin, Abdul Aziz Salim

Zuhairini,Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1992)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i2.4404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.