Penanaman Karakter Toleransi Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Al Muslimiyah Randublatung
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
A., Syam, U., Hasmawati, S., Saleh, S., & Budiman. (2025). Kolaborasi Tiga Pilar dalam Membentuk Nilai dan Karakter Peserta Didik. 9(1), 11251–11262.
Ahmad, F., Ehwanudin, E., & Anwar, M. S. (2025). Integrasi Moral Agama Dalam Pendidikan Budi Pekerti Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Keislaman, 8(1), 99–106. https://doi.org/10.54298/jk.v8i1.367
Arif, M. (2012). Pendidikan Agama Islam Inklusifmultikultural. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–18.
Asrori, M., Muizzuddin, M., Kusnan, K., & Solihuddin, M. (2019). Inklusifisme dan Eksklusifisme Serta Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Multikultural. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 3(1), 116-137.
At-Thabrani. (1985). Al-Mu’jam al-Ausath. Daru al-Haramain.
Azzahra, F., & Rosyidah, A. N. (2024). Mengatasi Tantangan Intoleransi Dengan Pendidikan
Multikultural di Era Digitalisasi. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(4), 227–
https://doi.org/10.18860/mjpai.v3i4.13185
Banks, J. A. (2009). Human Rights, Diversity, and Citizenship Education. The Educational
Forum, 73(2), 100–110. https://doi.org/10.1080/00131720902739478
Choirul Mahfud. (2011). Pendidikan multikultural. Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. (2022). Kemendikbud. KEMENDIKBUD.
Lickona, T. (2019). Educating For Caracter. Bantam Book.
Muslimin, E., Julaeha, S., Nurwadjah, & Suhartini, A. (2021). Konsep dan Metode Uswatun Hasanah Dalam Perkembangan Pengelolaan Pendidikan Islam Di Indonesia. Muntazam: Jurnal ManajemenPendidikan Islam, 2(1), 71–87.
Ningsih, W. (2025). Metode dan Strategi Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Dilengkapi 100+ Metode dan Strategi Pembelajaran yang Cocok Diterapkan dalam Pembelajaran PAI. PT Mafy Media Literasi Indonesia.
Nucci, L., & Narvaez, D. (Ed.). (2008). Handbook of Moral and Character Education.
Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203931431
Nuraya, H. (2024). Integrasi Nilai Toleransi dalam Pembelajaran PAI. 2(3), 459–466.
Syakir, F. A., Ramdhani, F. R., Berutu, D., & Purwanti, H. (2025). Akidah Akhlak. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 6(4), 1003–1007. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.735
Sholihuddin, M. (2020). Internalization of Principal Curriculum Management in Primary School and Madrasah Ibtidaiyah. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(3), 222-233.
Sholihuddin, M. (2023). Penguatan Moderasi Beragama Terhadap Santri di Ponpes Al Hidayat Lasem Pasca Penetapan Lasem Sebagai Kampung Toleransi. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 7(1), 66-73.
Sholihuddin, M. (2021). Multicultural Islamic Education values in the interaction of Santri with Chinese communities. Journal Education Multicultural of Islamic Society, 1(2), 207-244.
Sholihuddin, M., & Shobirin, M. (2024). values Of Multicultural Islamic Education: Interaction Between Students And The Chinese Community In Lasem. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 6(3), 163-193.
Visse, M., Widdershoven, G. A. M., & Abma, T. A. (2012). Moral Learning in an Integrated Social and Healthcare Service Network. Health Care Analysis, 20(3), 281–296. https://doi.org/10.1007/s10728-011-0187-7
Zubaedi, M. (2011). Desain Pendidikan karakter: konsepsi dan dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i4.27256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











