Multikulturalisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam: Menemukan Pondasi Etis untuk Kehidupan Damai di Tengah Perbedaan

Septia Rosada, Abdul Khobir, Trinindita Nayla Nabilla, Dwi Septi Rahayu

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitas keberagaman budaya, etnis, dan agama di Indonesia, serta pentingnya pendidikan multikultural sebagai upaya membangun kehidupan sosial yang inklusif dan harmonis. Kajian ini berfokus pada bagaimana filsafat pendidikan Islam dapat menjadi pijakan etis dalam memperkuat pendidikan multikultural, sekaligus menelusuri tantangan serta alternatif solusi yang muncul dalam implementasinya di lembaga pendidikan Islam. Melalui metode kualitatif berbasis studi pustaka, penelitian ini mengkaji berbagai literatur terkait multikulturalisme, etika pendidikan Islam, pendidikan karakter, dan praktik pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti keadilan, toleransi, ihsan, ukhuwah, dan kesetaraan dalam filsafat pendidikan Islam selaras dengan prinsip-prinsip multikultural modern. Pendidikan karakter turut berperan penting dalam menumbuhkan empati, wawasan kebangsaan, serta sikap terbuka terhadap perbedaan. Penerapan nilai multikultural dapat diwujudkan melalui pengembangan kurikulum, pembentukan budaya sekolah, pendekatan pedagogis, dan pembiasaan perilaku dalam keseharian siswa. Namun demikian, implementasinya masih terhambat oleh perbedaan penafsiran keagamaan, bias budaya, ketimpangan sosial-ekonomi, serta kurangnya fasilitas pendidikan. Sebagai respons atas tantangan tersebut, penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum terpadu, peningkatan kompetensi pendidik, penggunaan pendekatan dialogis, dukungan kebijakan yang memadai, serta inovasi pembelajaran yang berkelanjutan. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan multikultural yang berpijak pada filsafat pendidikan Islam memiliki potensi besar untuk membentuk masyarakat yang adil, inklusif, dan hidup dalam harmoni apabila diaplikasikan secara konsisten.Kata kunci: Multikulturalisme, Filsafat Pendidikan Islam, Pendidikan karakter, Dasar etis kehidupan damai.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustia, N. R., Salminawati, & U. (2023). Pendidikan multikultural perspektif filsafat pendidikan Islam. At-Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 774–784. https://doi.org/https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.56

Ahmad, M., & Yuli, A. N. (2025). ANALISIS PANDANGAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REKONSTRUKSI KONSEP DAN PRAKTIKNYA. Istifkar Media Transportasi Pendidikan, 5(1).

Aini, S., Guru, P., Dasar, S., Bangsa, U. B., Havita, V. N., Guru, P., … Medan, U. N. (2024). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI BUDAYA DI SEKOLAH MELALUI CERITA NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA : 4(2), 1–11.

Al Arifin, A. H. (2012). Implementasi pendidikan multikultural dalam praksis pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi,. 1(1), 72–81.

Alvi, M. R. (2025). Islamic Education and the Ethics of Peacebuilding in a Pluralistic World. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(5).

Ansori, Anwar, K., Lestari, A. G., & Sasmita, D. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Masyarakat Multikultural. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(3), 1210–1219.

Azhari, P., & Albina, M. (2024). Hakikat pendidikan multikultural: Upaya mewujudkan masyarakat toleran dan inklusif. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1437–1481.

Budiono. (2021). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM. Jurnal Civic Hukum, 6(2015), 79–86.

Cahyono, A. D. (2021). (Library Research) Peranan Pengembangan Manajemen Kinerja Tenaga Administrasi Kesehatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. Jurnal Ilmiah Pamenang, 3(2), 28–42. https://doi.org/10.53599/jip.v3i2.81

Dahri, A., Julhadi, & Wahyuni, S. (2025). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA: TANTANGAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(September), 222–231.

Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa. 5, 9241–9246.

Firdaus, W. A. (2024). Tantangan Dan Peluang Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam.

Halim, A. (2021). Pendidikan Islam Multikultural dalam Prespektif Azyumardi Azra.

Hayani, R. A., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Islami, K. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI. 6, 59–78.

Hayat, M. N., Rossi, R. J., & Ainayya, M. Q. (2025). Strategi Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Multikultural Pada Peserta Didik. 2(2024), 116–117.

Iriany, I. S. (2003). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Revitalisasi Jati Diri Bangsa. 54–85.

Kamaruddin, S. A. (2025). Peran Pendidikan dalam Pembangunan Masyarakat Tangguh Bencana (Perspektif Sosiologi). 8.

Khakim, A., & Munir, M. (2017). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL. Al-I`tibar Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1).

Nisa, K., & Ghani, A. (2025). The Influence of Religious Education in Muslim Families on Understanding Peace and Tolerance Religious education in Muslim families is critical in shaping an individual ’ s understanding of peace and tolerance . Religious education taught in the family en. 10(1), 67–86. https://doi.org/10.54298/jk.v5i1.3404

Pramono, I. A. (2023). Keanekaragaman Sosiokultural Berupa Pendidikan Multikultural, Gender dan Pembelajaran Diferensiasi. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(1), 193–200. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/EXCELENCIA.V3I01.2222

Putri, N., Afifah, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Karakter Anak Bangsa. 5, 7170–7175.

Rahayu, N. (2023). Pendidikan Multikultural Perfektif Filsafat Pendidikan Islam. 5(1), 774–784.

Riadi, A. (2018). MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH. Al Falah, 18(2), 230–246.

Ritonga, M. (2021). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSFEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. Pena Cendikia, 4(1).

Saing, S. A., Maruapey, H., & Santoso, G. (2023). Eksplorasi Peran Keadilan Sosial dan Budaya Dalam Menciptakan Lingkungan Pendidikan Yang Inklusif Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ). Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 02(03), 407–418.

Setiawan, A., Nurhakim, A., Nurhadi, H., & Ruswandi, U. (2024). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praktik Pendidikan Islam di Indonesia. 4, 1733–1745.

Sihab, W., & Achmad, M. (2025). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1).

Ulfa, I. J., Shofiah, V., & Lestari, Y. I. (2025). DAMPAK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PENGUATAN IDENTITAS DAN KEHARMONISAN SOSIAL. Jurnal Riset Ilmiah, 2(1), 1–8.

Zakiah. (2018). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA : KONSEPSI FILSAFAT ISLAM. 3(1), 64–77.

Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i4.27071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.