Kajian Tematik Hadis Tentang Pendidikan Perempuan Dalam Perspektif Islam

ZIYADATUL HUSNA

Abstract


Pendidikan perempuan dalam Islam kerap dipahami secara sempit sehingga akses perempuan terhadap ilmu masih menghadapi berbagai kendala sosial dan kultural. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis secara tematik hadis-hadis yang berkaitan dengan pendidikan perempuan guna mempertegas posisi perempuan sebagai subjek pendidikan dalam Islam. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan tematik-hadis (maudhu‘i), yaitu mengumpulkan, mengklasifikasikan, dan menganalisis hadis-hadis yang relevan, kemudian mengkaji konteks, redaksi, dan nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalamnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa tiga hadis utama, kewajiban menuntut ilmu bagi setiap Muslim, pentingnya mendidik perempuan dengan baik, serta penyediaan waktu khusus Rasulullah SAW bagi sahabat perempuan, secara tegas menegaskan bahwa perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam memperoleh pendidikan. Hadis-hadis tersebut tidak hanya menghapus bias gender, tetapi juga mendorong kualitas pendidikan perempuan demi peningkatan kualitas keluarga dan masyarakat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Islam memberikan landasan yang kuat bagi pendidikan perempuan serta mendukung prinsip kesetaraan, pemberdayaan, dan pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning).


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adriani, E. (2019). Pengukuran Modal Manusia (Suatu Studi Literatur). J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 4(1), 176. https://doi.org/10.33087/jmas.v4i1.86

Aeni, N. (2021). Peran Perempuan dalam Pendidikan Anak di Masa Pendemi Covid-19. Qawwam: Journal for Gender Mainstreaming, 15(2), 1–20.

Aini, N., Novianto, E., & Radinal, W. (2024). Eksplorasi Kontribusi Pendidikan Islam Terhadap Pemberdayaan Perempuan. Jurnal Nurhidayah, 1(1).

Al-‘Ainī, B. A.-D. (t.t.). ‘Umdat Al-Qāri’ Syarḥu Ṣaḥīḥ Al-Bukhārī. Beirut: Dar Ihya’ At-Turats Al ‘Arabi,.

Al-Bukhārī, M. bin I. A.-B. (2014). Ṣaḥīḥ Al-Bukhārī. Beirut: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.

Aldianto, R., Jasruddin, J., & Quraisy, H. (2015). Kesetaraan Gender Masyarakat Transmigrasi Etnis Jawa. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, 3(1).

Al-Qasṭalānī, A. bin M. (1323). Irsyad As-Sārī Syarḥ Ṣaḥīḥ Al-Bukhārī. Mesir: al-Matba’ah al Kubra al-Amiriah.

Al-Qazwainī, A. ‘Abdillāhi. (t.t.). Sunan Ibnu Mājah. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Arabiah.

Andryadi, A., M. Imamuddin, Januar, Zaharuddin. M, & Hadini. (2025). Peran Perempuan dalam Perspektif Pendidikan Islam. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.51311/alayya.v5i1.782

Ar-Rājiḥī, ‘Abdu Al-‘Azīz. (t.t.). Syarḥ Sunan Ibnu Mājah. al-Maktabah asy-Syamilah.

As-Suyūṭī, J. A.-D. (2020). Al-Jāmi‘ Aṣ-Ṣagīr Fī Aḥādīṡ Al-Basyīr An-Nażīr. Beirut: Dar Al-Kotob Al Ilmiyah.

Fadillah, Y., Napitupulu, S., & Charles, C. (2025). Konsep Pendidikan Seumur Hidup Berdasarkan Q.S Ali Imran Ayat 190 Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Mushaf Journal : Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis, 5(1), 150–162.

Hadijaya, Y., Novita, W., & Yusdiana, E. (2025). Pendidikan Sebagai Proses Transformasi Kebudayaan. Alacrity : Journal Of Education, 5(1).

Ibnu Baṭāl, A. A.-Ḥasan I. B. (2003). Syarḥu Ṣaḥīḥ Al-Bukhārī. Riyadh: Maktabah Ar-Rusyd.

Islamiyyah, N. D., Fitri, N. R., & Sari, H. P. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).

Istiqlaliyah, U. (2016). Peran dan Pengaruh ‘Āishah dalam Bidang Hadis. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 1(1).

Isworo, E., & Norkhairi, A. (2025). Pendidikan sebagai Sarana Pemberdayaan Perempuan di Kelurahan Kampung Baru Pasarkliwon Kota Surakarta dalam Mewujudkan Pembangunan Berbasis Gender. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 3(03), 137–145.

Musyarofah, A. (2022). Peran Ummu Salamah Dalam Periwayatan Hadis (Analisis Kitab Al-Musnad Imam Ahmad Bin Hanbal). UIN Sunan Kalijaga Repository.

Nursyahbani, I., Sholihin, S., Fatahillah, D. F., & Amrulloh, A. (2024). Pendidikan Perempuan dalam Hadis Tematik dan Filsafat Pendidikan Islam Seyyed Hossein Nasr. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 10(1), 17–36. https://doi.org/10.26594/dirasat

Sudiongko, A. (2025, Agustus 12). Asy-Syifa binti Abdullah, Guru Perempuan Pertama dalam Sejarah Islam. Malang Times. https://www.malangtimes.com/baca/343541/20250812/095100/asy-syifa-binti-abdullah-guru-perempuan-pertama-dalam-sejarah-islam

Uhbiyati, N. (1998). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Zulkifli. (2019). Konsep Pendidikan Dalam Islam. Rausyan Fikr, 15(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i4.27034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.