Keterlibatan Perempuan dalam Dinasti Fathimiyah : Implikasi Untuk Kesetaraan Gender di Era Saat Ini
Abstract
Abstrak:
Artikel ini membahas peran perempuan dalam Dinasti Fathimiyah (909–1171 M) serta implikasinya terhadap kesetaraan gender di masyarakat masa kini. Dinasti Fathimiyah dikenal sebagai salah satu kekhalifahan penting dalam sejarah Islam yang memberikan ruang bagi perempuan untuk berperan aktif di bidang sosial, ekonomi, dan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui analisis dokumen sejarah dan wawancara mendalam untuk menelusuri kontribusi perempuan Fathimiyah, khususnya dalam pendirian institusi pendidikan seperti masjid dan perpustakaan, serta partisipasi mereka dalam kegiatan wakaf yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun perempuan tidak memegang kekuasaan politik secara formal, mereka memiliki pengaruh besar sebagai pendidik, pengelola wakaf, dan pelestari budaya ilmiah. Kontribusi ini menjadi inspirasi bagi upaya kesetaraan gender di era modern, menegaskan pentingnya partisipasi perempuan dalam pendidikan dan pengambilan keputusan. Temuan ini diharapkan dapat memperkaya diskusi tentang posisi perempuan dalam sejarah Islam dan memberikan perspektif baru bagi gerakan kesetaraan gender kontemporer.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Jurnal
Baihaqi, M. (2023). Peran Perempuan Muslim dalam Pendidikan Islam: Studi Historis dan Kontemporer. JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 9(2), 112-125.
Husain, F. (2024). Women’s Endowment and Educational Institutions in Fatimid Caliphate. Journal of Islamic History, 18(1), 77-95.
Islah, M. (2019). Wakaf dan Pemberdayaan Perempuan dalam Sejarah Islam. Jurnal Al-Turats, 15(1), 45-60.
Jinha Agency. (2023). Fatimid Women and the Development of Islamic Education. Middle Eastern Studies Review, 12(3), 201-220.
Suryani, N., Rahmawati, T., & Ahmad, F. (2022). Women’s Social Roles in Islamic Civilization: A Historical Perspective. JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 8(1), 55-70.
Buku
Calderini, S., & Cortese, D. (2006). Women and the Fatimids in the World of Islam. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Crenshaw, K. (1989). Demarginalizing the Intersection of Race and Sex: A Black Feminist Critique of Antidiscrimination Doctrine, Feminist Theory and Antiracist Politics. University of Chicago Legal Forum, 1989(1), 139-167.
Daftary, F. (2017). The Ismailis: Their History and Doctrines. Cambridge: Cambridge University Press.
Makhluf, M. (2006). Wakaf dalam Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Artikel dan Internet
BWI. (2013a). Sejarah Perempuan dalam Wakaf dan Pendidikan Islam. Diakses dari https://bwi.or.id/sejarah-perempuan-wakaf-pendidikan
BWI. (2013b). Kiprah Perempuan dalam Wakaf Pendidikan pada Masa Fatimiyah. Diakses dari https://bwi.or.id/kiprah-perempuan-wakaf-fatimiyah
UINSU. (t.t.). Peran Perempuan dalam Pendidikan Islam. Diakses dari https://uinsu.ac.id/peran-perempuan-pendidikan-islam
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i3.25627
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.