Nabi Muhammad SAW Sebagai Komunikator Komunikasi Islam
Abstract
Makalah ini mengkaji tentang Nabi Muhammad SAW sebagai komunikator komunikasi islam. Nabi Muhammad SAW sebagai komunikator dalam komunikasi Islam berfokus pada bagaimana kemampuan komunikasi Nabi Muhammad menjadi salah satu aspek penting dalam penyebaran ajaran Islam. Keunggulan ini tidak hanya terletak pada kemampuan verbal beliau, tetapi juga pada pendekatan yang holistik, integratif, dan penuh kebijaksanaan dalam menyampaikan pesan-pesan Ilahi. Metode komunikasi yang efektif Nabi Muhammad SAW menggunakan berbagai metode komunikasi, baik lisan, tulisan, maupun perilaku. Beliau sering menggunakan perumpamaan dan cerita untuk menyampaikan pesan-pesan moral dan agama yang mendalam.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. (2009). Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW: Sebagai Komunikator dalam Dakwah Islam. Jakarta: Gema Insani.
Al-Ghazali, A. H. (2008). Etika Islam dalam Kehidupan Sehari-hari. Jakarta: Mizan.
Al-Mansur, M. A. (2012). Komunikasi Islam: Perspektif Nabi Muhammad SAW. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Al-Qur'an al-Karim. (2008). Al-Qur'an Terjemahan (Ed. oleh Kementerian Agama RI). Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Berlo, D. K. (1960). The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Hasan, A. (2015). "Komunikasi Nabi Muhammad SAW dalam Konteks Dakwah dan Kepemimpinan". Jurnal Komunikasi Islam, 5(1), 34-47.
Ibrahim, Muhammad. (2003). Komunikasi Dakwah Nabi Muhammad SAW: Sebuah Telaah Komunikasi dalam Perspektif Islam. Jakarta: Pustaka Hidayah.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Theories of Human Communication (9th ed.). Belmont, CA: Wadsworth.
Mulyana, D. (2010). "Prinsip-prinsip Komunikasi dalam Islam: Studi atas Metode Dakwah Nabi Muhammad SAW". Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 87-101.
Mulyana, D. (2014). Komunikasi Islam: Teori dan Praktik dalam Perspektif Nabi Muhammad SAW. Jakarta: RajaGrafindo.
M. Fadhli, A. (2009). Kepemimpinan dalam Islam: Prinsip dan Aplikasi Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasr, S. H. (2004). Islamic Philosophy: An Introduction. Albany: State University of New York Press.
Rauf, Muhammad. (2012). Nabi Muhammad SAW Sebagai Pemimpin dan Komunikator dalam Dakwah Islam. Bandung: Pustaka Pelajar.
Sidiq, K. (2007). Komunikasi Dakwah Nabi Muhammad: Studi Tentang Metode dan Strategi Komunikasi Nabi Muhammad dalam Dakwah Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sulaiman, N. (2014). Komunikasi dalam Islam: Teori dan Prakteknya dalam Perspektif Nabi Muhammad SAW. Jakarta: Rajawali Press.
Suryanto, D. (2007). Komunikasi dan Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryanto, H. (2016). Komunikasi Islam dalam Kehidupan Nabi Muhammad SAW: Menyebarkan Pesan Ilahi. Yogyakarta: LKiS.
Wahyudi, R. (2017). "Keunggulan Nabi Muhammad SAW sebagai Komunikator dalam Menghadapi Tantangan Sosial". Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 3(1), 56-70.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i4.23309
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











