PEMBINAAN AKHLAK DALAM MENGHADAPI KENAKALAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BUKHARI MUSLIM YAYASAN TAMAN PERGURUAN ISLAM (YTPI) KECAMATAN MEDAN BARU KOTA MEDAN

Hasan Basri, Haidar Putra Daulay, Ali Imran Sinaga

Abstract


kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Bukhari Muslim Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perencanaan pembinaan akhlak, pelaksanaan pembinaan akhlak dan evaluasi pembinaan akhlak dalam
menghadapi kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Bukhari Muslim Medan.Jenis penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologik, yaitu penelitian dengan mengamati
fenomena yang tejadi di lapangan secara alamiah. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik
observasi, wawancara dan studi dokumen. Dalam penyajian dan menganalisis data, peneliti menggunakan
analisis kualitatif dengan langkah-langkah mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan
menyimpulkan hasil akhir. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan terdiri dari: mengidentifikasi
bentuk-bentuk kenakalan siswa yang terjadi di Mts. Bukhari Muslim, faktor-faktor penyebab kenakalan
siswa, pembinaan akhlak yang dilakukan, hambatan dalam pembinaan akhlak, evaluasi dan hasil dari
pembinaan akhlak. 2). Pembinaan akhlak yang dilakukan diantaranya: pembinaan akhlak terhadap Allah
Swt, pembinaan akhlak terhadap sesama dan pembinaan akhlak terhadap diri sendiri. 3). Evaluasi
pembinaan akhlak meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik. Evaluasi ranah psikomotorik merupakan
bagian yang paling banyak diperhatikan dalam proses pembinaan akhlak karena sangat terkait dengan
pengamalan, yakni partisipasi peserta didik dalam melakukan kegiatan pembinaan akhlak.
The problem which is discussed in this thesis is about of moral guiding in face of student misbehavior at
Bukhari Muslim Secondary School Medan. The objectives of this thesis are to understand the planning,
the implementation and the evaluation of moral guiding in face of student misbehavior at Bukhari Muslim
Secondary School Medan. This is a qualitative thesis by using phenomenologic approaching, which
observes phenomenon that occurred in the field. In collecting data, the writer used these following techniques;
observing, interviewing, and library research. In presenting and analyzing data, the writer used
qualitative method by doing these following steps; collecting the data, selecting the data, presenting the
data, and summarizing the final result. The conclusions of the thesis are as follows, (1) the planning of
moral guiding consists the types identification of student misbehavior, the causes of student misbehavior,
the establishment, the obstacles, the evaluation and the result of moral guiding; (2) the moral guiding
consists the morals toward Allah, morals toward beings, and morals toward ourselves; (3) the evaluation of
moral guiding includes cognitive, affective and psychomotoric. Psychomotoric domain evaluation is the
most concerned part in the process of moral guiding because it is closely related to the practice of participation
of learners in conducting moral guiding activities

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmadi.Islam Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 1992.

Afriantoni.Prinsip-prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda Menurut Bediuzzaman Said Nursi, 5. Tesis, S2

Program Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang Jurusan Ilmu Pendidikan Islam Konsentrasi

Pemikiran Pendidikan Islam, 2007.

Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyyah.Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan, terj. Abdullah Zaky al-Kaaf. Bandung:

Pustaka Setia, 2003.

Al-Ghazali.Akhlak Seorang Muslim, terj. Muhammad Arifin. Semarang: Wicaksana, 1993.

. Bidayah Al-Hidayah, terj. Yogyakarta: Pustaka Sufi, 2003.

.Ihya ‘Ulumuddin, Juz 3. Beirut: Dar Ihya al-Kutub al-Ilmiyah, t.t.

Al-Rasyidin.Pendidikan dan Psikologi Islami, Cet 1. Bandung, Citapustaka Media, 2007.

.Percikan Pemikiran Pendidikan; dari Filsafat Hingga Praktik Pendidikan. Bandung: Cita Pustaka,

Al- Qardhawy, Yusuf .Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna. Jakarta: Bulan Bintang, 1980.

Al-Qurtubi.Tafsir al-Qurtubi, Juz 8. Kairo: Dar al-Sya’bi, 1913 M.

Alwi, Hasan.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Amin, Ahmad.Etika (Ilmu Akhlak), terj. Farid Ma’ruf. Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

Andi, Mappiare.Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional, 1984.

An-Nahlawi, Abdurrahman.Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani,

Anwar, Rosihon.Akidah Akhlak. Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Arief, Armai.Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arifin, M.Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 2008.

. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

.Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: PT. Golden Trayon Press,

cet. 5, 1994.

Arikunto, Suharsimi.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Asmaran.Pengantar Studi Akhlak,Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada, 1999.

Aqib,Zainal.Menjadi Guru Profesional Bestandar Nasional. Bandung: Yrama Widya, Cet. 1, 2010.

Azmi, Muhammad.Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah, Upaya Mengefektifkan Nilai-nilai Pendidikan

Islam dalam Keluarga. Yogyakarta: Belukar, 2006.

Barnadib, Sutari Imam.Filsafat Pendidikan:Sistem Dan Metode. Yogyakarta: IKIP-FIP, 1985.

.Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP IKIP, 1986.

Barry dan Yaqob.Kamus Induk Istilah Ilmiyah Seri Intelektual. Surabaya: Target Press, 2003.

Daradjat, Zakiah.Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung, 1983.

. Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 1976.

. Pendidian Islam dalam keluarga dan Sekolah. Jakarta: CV. Ruhama, 1998.

Daulay, Haidar Putra.Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group, 2014.

Echols, Jhon M. dan Hasan Shadily. Kamus Inggris Indonesia.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,

Engkoswara dan Aan Komariah.Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Fahmi, Asma Hasan.Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, terj. Ibrahim Husen. Jakarta: Bulan Bintang,

Halimah, Siti. Tela’ah Kurikulum. Medan: Perdana Publishing, 2010.

Hamalik, Oemar.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, cet. 4, 2003.

. Pengajaran Unit. Bandung: Alumni, 1982.

Yusuf, Samsul.Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Hasan, M. Ali.Tuntunan Akhlak. Jakarta: Bulan Bintang, 1988.

Harjana, Mangun. Pembinaan Arti dan Metodenya.Yogyakarta: Kanisius, 1986.

Huberman, A Michael dan Matthew B. Milles.Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metodemetode

Baru, terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press,1992.

. “Data Management dan Analysis Metohds”, dalam N.K Denzin dan Y.S. Lincoln (ed),

Handbook of Qualitative Research. New Delhi: Sage Publications, 1994.

Ibnu, Katsir. Tafsir Ibnu Katsir, Jilid 6. Bogor: Pustaka Imam Syafe’i, 2004.

Indrakusuma, Amin Danien.Pengantar Ilmu Pengetahuan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Malang,

Isma’il Ibn Al-Khatib Abi Khafs Umar Ibn Katsir.Tafsir Ibn Katsir, Juz VII. Bairut: Daar Fik, tt.

Jumhur dan Muhammad Suryo.Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: Ilmu, 1987.

Kartono, Kartini.Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, cet. 5, 2003.

.Patologi Sosial 3: Gangguan-gangguan Kejiwaan. Jakarta: CV. Rajawali, ed. 2, 2002.

Lubis, Lahmuddin dan Elfiah Muchtar.Pendidikan Agama Dalam Perspektif Islam. Bandung, Ciptapustaka

Media Perintis. Cet. 2, 2009.

Majid, Abdul.Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

, dan Dian Andayani.Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Marzuki.Prinsip Dasar Akhlak Mulia (Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etika Dalam Islam). Yogyakarta:

Debut Wahana Press, 2009.

Maskawaih, lbnu. Tahdzib al-Akhlak wa Tathhir al-A’raaq, Juz 2. Beirut: Mansyurah Dar al-Maktabah,

H.

Moleong, Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Muhammad bin ‘llan al-Sadiqi.Dalil al-Falihin, Juz 3. Mesir: Mustafa al-Bab al-Halabi, 1391 H/1971.

Muhammad bin Shalih al-Utsaimin.Makarim aI-Akhlak. Jakarta: Maktabah Abu Salma, 2008.

Mukni’ah.Materi Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media,

Munawwir, Ahmad Warson.Kamus Al-Munawwir Arab –Indonesia Terlengkap. Jakarta: Pustaka Progresif,

Nasution , M. Farid,Pendidikan Anak Bangsa. Bandung: Cita Pustaka, 2009.

Nata, Abuddin.Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers. 2009.

. Filsafat Pendidikan Islam 1. Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 1997.

. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2000.

. Kapita Selekta Pendidikan Islam : Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam. Jakarta:

Rajawali Pers, 2012.

, dan Fauzan. Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005.

Noor, Rohinah M.The Hidden Curriculum Membangun Karakrer Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta:

Insan Madani, 2012.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,

Rahardjo, Mudjia.Agama dan Moralitas : Reaktualisasi Pendidikan Agama di Masa Transisi, dalam Mudjia

Rahardjo (ed),Quo Vadis Pendidikan Islam : Pembacaan Realitas Pendidikan Islam, Sosial

dan Keagamaan. Cet. II. Malang : UIN Malang Pres, 2006.

Salam, Burhanuddin.Etika Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet. 1, 1997.

Salminawati.Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2011.

Sanjaya, Wina.Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group 2008.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.

Shihab, Quraish.Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran, Vol. 11. Jakarta: Lentera Hati,

Simajuntak, B.Latar Belakang Kenakalan Anak. Bandung: Alumni, 1975.

.Pengantar Kriminologi dan Soiologi. Bandung: Tarsito, 1977.

Siswanto, H.B.Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Sitorus, Masganti.Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing, 2012.

. Psikologi Agama. Medan: Perdana Mulia Sarana, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.1511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.