PENGARUH POLA ASUH DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU NURUL AZIZI KOTA MEDAN

M Badrul Lail

Abstract


Abstrak : Effective moral building efforts are through the daily activities of children both at home, school or community, that is by involving children in religious activities and societies that harmonized noble moral guidance, must also be balanced with a dynamic example given by parents, teachers and a good environment. The above, most likely will affect the morals of children. The purpose of this study is to prove and analyze the influence of Patterns of Custody and Social Interaction on Student Morals.
Upaya pembinaan akhlak yang efektif adalah melalui aktivitas keseharian anak baik dirumah, sekolah atau masyarakat, yaitu dengan melibatkan anak dalam kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan yang selaras tuntunan akhlak mulia, juga harus diimbangi dengan teladan dinamis yang diberikan orang tua, guru dan lingkungan yang baik. Hal diatas, kemungkinan besar akan dapat mempengaruhi akhlak anak. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan dan mengalisis adanya pengaruh Pola Asuh dan Interaksi Sosial terhadap Akhlak Siswa.
Pola asuh yang diberikan oleh orangtua pada anak bisa dalam bentuk perlakuan fisik maupun psikis yang tercermin dalam tutur kata, sikap, perilaku dan tindakan yang diberikan. i
Penanganan terhadap perilaku anak yang menyimpang bukanlah hal yang mudah. Orang tua berhak memilih pola asuh yang dapat diterapkan dalam kehidupan keluarga. Tetapi, apabila pola asuh yang diterapkan orang tua keliru, maka yang akan terjadi bukan perilaku yang baik, sebaliknya akan menambah buruk perilaku anak.
para orang tua mempunyai tanggung jawab sangat besar dalam membimbing anak-anak dengan kebaikkan dan dasar-dasar moral (akhlak). Orang tua dalam mengasuh anak bukan hanya mampu mengkomunikasikan fakta, gagasan, dan pengetahuan saja, melainkan membantu menumbuh kembangkan akhlak anak.2 Mencegah dan menghindari segala bentuk perilaku menyimpang pada anak harus dilakukan sedini mungkin. Salah satunya dengan menanamkan nilai-nilai agama pada anak.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al Ghozali Imam. 1998. Mutiara Ihya Ulumuddin. Bandung:Mizan.

Ahmad Izzad. 2006. kuikuti Tradisi Rosulku . Bandung:Kalbu.

Ahnan Maftuh. 1986. Mutiara Hadits Shahih Bukhari. Gresik:CV Bintang Pelajar.

Al-Adnani Abu Fatih. 2008. Global Warming. Surakarta:Granada Mediatama

Arikunto Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri Syaiful Djamarah, Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004).

Clemes Harris, Mengajarkan Disiplin Kepada Anak, (Jakarta: Mitra Utama, 1996).

Departemen Agama. 2011. Alqur’an dan Terjemahan. Jakarta:Penerbit Raja Publishing.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-qur’an dan Terjemahan (Jakarta, 1969).

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1988).

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : bulan Bintang,1996), Cet Ke-15.

Donelson Elaine, Asih, Asah, Asuh, dan Keutamaan Wanita, (Yogyakarta: Kanisius , 1990), Cet. Ke-1.

Enoch M. Markum, Anak, Keluarga dan Masyarakat, (Jakarta: Sinar Harapan, 1985).cet ke-II.

Gerungan W.A, Psikologi Sosial. (Bandung : PT. Refika Aditama. 2009).

Gunarsa Singgih D, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Jakarta: BPK Mulia Gunung, 2002).

Hamanik Fritz H.S.. Fokus Sosiologi. (Jakarta: Erlangga, 2009).

Idris Zahara dan Lisma Jamal, Pengantar Pendidikan ( Jakarta : Gramedia Widiasarana, 1992), Cet. Ke-2.

Jalaluddin, Psikologi Agama, (Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada, 1996).

Kartono Kartini, Peran Orang Tua dalam Memandu Anak, (Jakarta: Rajawali Press, 1992).

Ma’ruf Jamhari (ed). 2012. Pendidikan Agama Islam. Jakarta:Kencana.

Makbuloh Deden. 2011. Pendidikan Agama Islam. Jakarta:PT Raja Garfindo Persada.

Mahjuddin. 1991. Kuliah Akhlak-Tasawuf. Jakarta:Kalam Mulia.

Nasih Abdullah Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, (Jakarta: Pustaka Amani, 1995).

Nasih Abdullah Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, (Semarang: Asy-Syi’fa,1981).

Riyanto Theo, Pembelajaran sebagai Proses Bimbingan Pribadi, (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002).

Saptono. Sosiologi Untuk Sma Kelas X. (Jakarta: PT. Phibeta Aneka Gama. 2006).

Sangkan Abu. 2004. Pelatihan Shalat Khusyu’. Jakarta:Kalam Mulia.

Singgih Yulia D Gunarsa, Psikologi Anak dan Remaja, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002).

Soerjono Soekanto. Sosiologi suatu pengantar. PT Rajawali Pers : Jakarta, 2012.

Sudarsono. 2005. Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Syahrum dan Salim.2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif . Bandung: Cipta pustaka Media.

TIM Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta, Balai Pustaka, 1988), Cet. Ke-1.

Thalib M, 40 Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak, (Bandung: Irsyad Baitus Salam, 1995).

Wualansari Dewi. Sosiologi (Konsep dan Teori). PT Refika Aditama : Bandung, 2009.

Yatim Danny I. -Irwanto, Kepribadian Keluarga Narkotika (Jakarta : Arcan, 1991) Cet.1.

Yanuhar Ilyas. 2007. Kuliah Akhlak . Yogyakarta:Lembaga Pengkajian dan Pengalaman Islam (LPPI).




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.1068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.