Pengaruh Pendidikan budi pekerti dalam Keluarga terhadap Akhlak Siswa di MTs Al-Washliyah Desa Sei Mencirim Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang

Samsul Rizal

Abstract


Orang tua memiliki tanggung jawab dalam memberikan pendidikan budi pekerti kepada anak, jika orang tua selalu memberikan pendidikan budi pekerti kepada anak dalam keluarga, maka anak tersebut akan memiliki budi pekerti atau akhlak yang baik, sebagai pengalaman pembelajaran dan pembiasaan yang diperolehnya dalam lingkungan keluarga. Pendidikan agama dalam keluarga salah satunya yaitu mencakup pendidikan budi pekerti agar anak kelak menjadi teladan yang baik bagi dirinya dan orang lain.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pendidikan budi pekerti dalam keluarga di MTs Al-Washliyah Desa Sei Mencirim Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang 2) akhlak siswa di MTs Al-Washliyah Desa Sei Mencirim Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang 3) pendidikan budi pekerti dalam keluarga berpengaruh positif terhadap akhlak siswa di MTs Al-Washliyah Desa Sei Mencirim Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, pengolahan dengan data angket untuk melihat pengaruh pendidikan budi pekerti dalam keluarga terhadap akhlak siswa di MTs Al-Washliyah Desa Sei Mencirim Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang.

Hasil penelitiannya:1) Berdasarkan perolehan angka persentase dari angket pendidikan budi pekerti di keluarga sebesar 59,68%, yang berarti bahwa pendidikan budi pekerti di keluarga di MTs Al-Washliyah Sei Mencirim Kutalimbaru Deli Serdang dalam kategori cukup baik. 2) Berdasarkan penghitungan persentase angket tentang akhlak siswa di MTs Al-Washliyah Sei Mencirim Kutalimbaru Deli Serdang, diperoleh angka sebesar 67,81%, yang berarti bahwa Akhlak siswa di MTs Al-Washliyah Sei Mencirim Kutalimbaru Deli Serdang termasuk dalam kategori baik. 3) Berdasarkan perolehan angka dari rumus product moment diperoleh angka sebesar 0,46 yang berarti bahwa pendidikan budi pekerti di keluarga berpengaruh sedang terhadap Akhlak siswa di MTs Al-Washliyah Sei Mencirim Kutalimbaru Deli Serdang. Dari nilai t hitung dan t tabel yang diperoleh di atas dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel maka hipotesis diterima, yakni = t hitung 2,44 > t tabel 1,64, maka hipotesis hipotesis Nol ditolak atau hipotesis alternatif diterima.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v4i2.8128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Indexed By:

                   

                                 

 

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.