PELAKSANAAN HIDDEN CURRICULUM (KURIKULUM TERSEMBUNYI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP SLWASHLIYAH 5 HAMPARAN PERAK

Nurhasanah Nurhasanah

Abstract


Abstrak: Penurunan karakter peserta didik merupakan masalah yang sangat dikeluhkan didunia pendidikan, salah satu usaha untuk menumbuhkan kembali karakter pada peserta didik adalah dengan pelaksanaan hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk hidden curriculum yang terdapat di SMP Al-Washliyah 5 Hamparan Perak, untuk mengetahui pelaksanaan hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) dalam membentuk karakter siswa di SMP  Al-Washliyah 5 Hamparan Perak dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) dalam membentuk karakter siswa di SMP  Al-Washliyah 5 Hamparan Perak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa bentuk-bentuk hidden curriculum yang telah dilaksanakan di SMP Al-Washliyah 5 Hamparan Perak lebih kepada pembiasaan praktik beribadah, seperti sholat Dzuhur berjama’ah, pembacaan surah Al-Qur’an pada saat apel pagi, infak dan pembacaan doa belajar pada setiap memulai pelajaran dan mengakhiri pelajaran, adanya pelajaran mulok seperti bimbingan ibadah, aksara arab melayu dan ke-Alwashliyahan. Pelaksanaan hidden curriculum di SMP Al-Washliyah 5 Hamparan Perak pada dasarnya sudah direncanakan dan terlaksana dengan baik, dengan karakter yang berhasil dibentuk yaitu 3 karakter utama, yakni religius, disiplin dan peduli lingkungan (bersih). Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan hidden curriculum di SMP Al-Washliyah 5 Hamparan Perak yaitu berasal dari keteladanan guru, ketegasan guru, dan dukungan dari orangtua, dan kendala dalam pelaksanaan hidden curriculum di SMP Al-Washliyah 5 Hamparan Perak terletak pada dalam diri siswa sendiri yaitu berupa kesadaran dalam mematuhi peraturan dan mengikuti setiap kegiatan sekolah, lingkungan sekolah/teman sekelas, dan dukungan orangtua untuk ikut mengontrol anaknya dirumah.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v4i2.8127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Indexed By:

                   

                                 

 

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.