Penerapan Prinsip-Prinsip Komunikasi Islam Oleh PT Ulfa Rizki Dalam Mensosialisasikan Ibadah Haji Dan Umrah di Kota Medan

Nurul Saniah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan prinsip- prinsip komunikasi Islam, kegiatan-kegiatan dan fasilitas PT Ulfa Rizki dalam mensosialisasikan ibadah haji dan umrah di kota Medan, dan respon masyarakat terhadap PT Ulfa Rizki dalam mensosialisasikan ibadah haji dan umrah di kota Medan. Metode Penelitian ini adlaah kualitatif yang menitikberatkan pada penelitian studi kasus, yaitu penelitian yang lebih mendetail, mendalam dan lebih intensif kepada PT Ulfa Rizki. Sumber data yang digunakan yaitu data primer (data pokok) adalah PT Ulfa Rizki, karyawan dan staff juga merupakan data primer dalam penelitian ini, dan data sekunder (data tambahan) penulis peroleh dari masyarakat yang mengetahui PT Ulfa Rizki dan beberapa buku-buku literatur yang berkaitan dengan penelitian. Instrumen pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah observasi, wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa PT Ulfa Rizki telah menerapkan prinsip- prinsip komunikasi Islam dalam mensosialisasikan ibadah haji dan umrah yaitu menyampaikan perkataan yang benar, perkataan yang berbekas pada jiwa, perkataan yang pantas (mudah dipahami), perkataan yang lemah lembut, perkataan yang baik dan perkataan yang mulia. Adapun kegiatan yang diberikan PT Ulfa Rizki pada para jamaah ialah pelatihan manasik, zikir dan muhasabah dan pengajian Alquran. Selain itu juga melakukan ziarah ke beberapa tempat di kota Mekah dan Madinah. Sedangkan fasilitas yang diberikan tergantung pada jenis umrah yang dipilih. Untuk haji, travel PT Ulfa Rizki hanya menyediakan haji khusus/ haji plus. Respon masyarakat terhadap sosialisasi yang dilakukan PT Ulfa Rizki bermacam- macam. Ada yang menerima dan ada pula yang menolak dengan alasan- alasan tertentu.

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Effendy, Onong Unhjana. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Faisal, Sanapiah. Format-format Penelitian Sosial, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Fajar, Marhaeni. Ilmu Hadis Teori dan Praktik. Jakarta: Graha Ilmu, 2009.

Kholil, Syukur. Komunikasi Islam, Bandung: Citapustaka Media, 2007.

M.B & Huberman, A.M., Analisis dalam Kualitatif, terj. Tjeptjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press, 1992.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 JURNAL ansiru PAI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

Creative Commons License

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.