UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (INQUIRY) PADA KOMPETENSI DASAR MENYEBUTKAN AYAT AL-QUR’AN YANG BERKAITAN DENGAN QADA DAN QADAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX-5 SMP NEGERI 1 NAMORAMBE

Achmad Bahtiar

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas bertujuan: 1) Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Qada dan Qadar; 2) Untuk mengetahui strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai yang dapat meningkatkan minat belajar siswa materi menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Qada dan Qadar; 3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX-5 Semester Genap SMP Negeri 1 Namorambe Tahun Pelajaran 2012/2013. Penetapan subyek penelitian ini didasarkan atas hasil analisis kondisi awal yang mampu mewakili siswa Kelas IX-5 secara keseluruhan. Cara pengambilan kesimpulan pada penelitian tindakan ini yaitu dengan merangkum hasil tes, hasil penyebaran angket, dan hasil observasi siklus I dan siklus II. Berdasarkah hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil strategi pembelajaran Inkuiri (Inquiry) dapat meningkatkan minat belajar siswa menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qada dan qadar dibuktikan dengan. Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran tinggi, telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 100%. Frekuensi siswa yang senang, karena melampaui kriteria yang ditetapkan, yakni 85,71%, sedangkan kriteria 80%. Siswa yang tekun melampaui kriteria yaitu 80,00%, sedangkan kriteria 75%. Siswa yang ulet melampaui kriteria yang ditetapkan yakni 80,00%, sedangkan kriteria 75%.

Keywords


Strategi Pembelajaran Inquiri, Materi Qada dan Qadar

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofyan, 2010. Proses Pembelajaran: Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Jaya

Arikunto, Suharsimi, et al. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Aronson, E. (1978), The Jigsaw Classroom. Beverly Hills, Calif : Sage Publications

Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Pengenalan dan Pelaksanaan Lengkap Micro Teaching & Team Teachind. Yogyakarta: Diva Perss

Departemen Agama RI. (2004). Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama

Depdiknas. (2003). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar Menengah dan Menengah Bagian Proyek Peningkatan Guru Sumut

IAIN Sumatera Utara. (2004). Praktikum Pengajaran Terbatas (Micro Teaching), Medan: Terbitan Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara

Islam Depdikbud. (1994). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengefektifkan Pembelajaran, Jakarta: Dalam Buletin Pelangi Pendidikan, Edisi III, Tahun 2005, Jakarta : Bumi Aksara

Sudjana, N, 1989. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Susilo. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas,Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Suyadi, 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Diva Pers

Suyatno,2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

W. Johnson, David, et al. 2010. Colaborative Learning. Strategi Pembelajaran untukSukses Bersama. Bandung: Nusa Media

Yono, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia

---------------. (2005). Interaksi Karakteristik Siswa dan Guru, Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah

_______. Teori – Teori Belajar untuk Pengajaran. Jakarta: Universitas Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v1i2.1515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 JURNAL ansiru PAI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.