CORAK TEOLOGI TAFSIR AL-QUR’ANUL KARIM KARYA SYEKH H. ABDUL HALIM HASAN, H. ZAINAL ARIFIN ABBAS DAN ABDURRAHIM HAITAMI

agus sayuti

Abstract


   Fast traslate Icon translate

ABSTRAK

Dalam tradisi intelektual Islam, teologi yang dikenal luas adalah Asyi’ariah, selanjutnya lebih dikenal disebut dengan Ahlu al-Sunnah wa al-jama’ah. Kemunculan teologi Ahlu al-Sunnah wa al-jama’ah.menjadi solusi akan masalah yang meruncing anatara Ahlu Hadis dan Ahlu al-Ra’yi (teologi mu’tazillah) yang kemudian permasalahan ini berujung pada masalah mihnah (inquisition). Teologi ini berkembang pesat dan menjadi mazhab resmi yang dianut umat Islam. Sehingga menjawab kebingungan teologi yang dialami oleh masyarakat Islam.

Metode dalam pembahan ini menggunakan metode. penelitian dapat juga disebut sebagai langkah investigasi pada data yang telah didapatkan tersebut.Jenis penelitian ini membutuhkan banyak sumber dari buku-buku, jurnal karya ilmiah lainnya, maka jenis ini termasuk dalam jenis library research atau kajian pustaka. Penelitian ini pun bersifat kualitatif, maka membutuhkan data atau sumber kualitatif dari ayat-ayat Al-Qur’an dan penafsirannya dan penerjemah.

Temuan yang diperoleh oleh penulis dalam kajian ini bahwa Tafsir Al-Qur’anul Karim karangan syekh H. Abdul Halim Hasan, H. Zainal Arifin Abbas adalah tokoh pelopor pola-pola pembaharu yang terpengaruh oleh pemikiran dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an ke dalam bahasa Indonesia . Dan bukan klasik atau tradisional sehingga beliau masuk kepada kelompok pemikir rasional. Para mufassir pemberahu ini berusaha menungkapkan makna Al-Qur’an dengan cara baru yaitu dengan mengikutsertakan daya dan  kemauan manusia untuk terus menggali makna yang terkandung dalam firman Allah SWT. Beliau tetap mengunakan sumber-sumber melaui dalil naqli sehingga beliau dikatakan sebagai.Ahlus Sunah Wal Jama’ah.

Tesis ini menjelaskan Tafsir Al-Qur’anul Karim karangan syekh H. Abdul Halim Hasan, H. Zainal Arifin Abbas, dan Abdurrahim Haitami Abdurrahim Haitami tentang corak teologinya. Tulisan ini membuktikan bahwa para syekh dari Sumatera Utara mampu menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an dan sangat diperhitungkan dikancah Nasional maupun Internasional.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/al-i'jaz.v6i2.8968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.