PEMIKIRAN MUSTAFA KAMIL DAN GAMAL ABDUL NASSER TENTANG NASIONALISME ISLAM

SUGENG WANTO

Abstract


Modernisme Islam dan reformasi keagamaan Islam merupakan program ideologis kelompok intelegensi Mesir dalam beberapa dekade. Tujuan dari gerakan Islam tersebut adalah kebangkitan politik, pendidikan, sosial budaya dan lain-lain. Jamaluddin al-Afghani dan uhammad Abduh adalah dua orang tokoh yang berperan dalam gerakan ini. Sementara al-Afghani menekankan kebutuhan pragmatis terhadap solidaritas sosial, Abduh mengarah kepada  tujuan yang sama dengan penekanan pada pendidikan hukum dan reformasi spiritual.

Sekalipun demikian di Mesir, modernisme  dan reformasi Islam yang disampaikan oleh al-Afghani dan Abduh membuka jalan bagi konsep  nasionalis yang lebih sekuler mengenai identitas dan politik Mesir. Kelompok intelegensia nasionalis berasal dari kalangan tuan tanah, pejabat dan jurnalis dan pengacara didikan barat sebagai produk reformasi. Beberapa tokoh, seperti Mustafa Kamil (1874 – 1908) meraih pendidikan Sarjana Hukum di Prancis, Luthfi al-Sayyid (1872 – 1963) dan Sa’ad Zaghul (1860 – 1928). Mustafa Kamil (1874 – 1908) adalah salah seorang  yang mempunyai  gagasan reformasi modern dan menumbuhkan semangat patriotik untuk sebuah kesatuan bangsa serta semangat terhadap pemerintahan Asing (nasionalisme Mesir dan  Nasionalisme Islam).

Pada tahun 1952 free officer yang dipimpin  Muhammad Naquib, Gamal Abdul Naser dan Anwar Sadat, menggulingkan raja dan mengakhiri rezim parlementer. Dengan demikian, terjadi perkembangan bangsa Mesir menuju ke arah nasionalis dan sekuler, walaupun  dalam modelnya yang baru. Secara ideologis pemerintahan free officer beralih dari liberalisme kepada sosialisme dan kolaborasi kepada anti kolonialisme, dan dari nasionalisme kepada Pan-Arabisme untuk menggariskan  tujuan pembangunan nasional bangsa Mesir (Nasionalisme Arab).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/alharakah.v0i3.5500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P ISSN 2355-1291

E ISSN 2685-5127

 

Free counters!

  StatCounter - Free Web Tracker and Counter