Deskripsi Kebahagiaan Belajar Mahasiswa BKI Pada Masa Pandemi COVID-19

Abd. Aziz Rusman, Fauziah Nasution

Abstract


Abstract: Masa pandemi covid-19 merubah banyak aspek kehidupan,
termasuk di dalamnya dunia pendidikan. Mahasiswa sebagai peserta
didik di perguruan tinggi mengalami dampak dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini berupaya mendeskripsikan kebahagiaan belajar mahasiswa
BKI masa pandemi covid-19.Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Sampel berjumlah 191 orang mahasiswa. Instrumen yang
digunakan agket. Teknik pengambilan data melalui googleform yang
dibagikan kepada seluruh responden. Data dianalisis dengan data
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) sebanyak 1,05%
kebahagiaan belajar berada pada kategori tinggi, 95,29% berada pada
kebahagiaan belajar sedang, dan sebanyak 3,66% kebahagiaan belajar
mahasiswa berada pada kategori rendah; 2) Kebahagiaan belajar
mahasiswa semester II 1,49% tinggi, 67,02% sedang, 2,09% rendah.
Semester IV, 0,00% tinggi, 95,52% sedang, 2,99% rendah. Semester VI,
0,00% tinggi, 94,29% sedang, 5,71% rendah. 3) Kebahagiaan belajar
mahasiswa laki-laki 0,00%tinggi, 100% sedang, dan 0,00% rendah.
Kebahagiaan belajar mahasiswa perempuan 1,17% tinggi, 94,74%
sedang, dan 4,09% rendah.
Keywords: Kebahagiaan, belajar, pandemi

Full Text:

PDF

References


Arif, I. S. (2016). Psikologi Posotof: Pendekatan Saintifik Menuju Kebahagiaan.

Jakarta: Gramedia.

Hamdi, A. S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan.

Yogyakarta: Deepublish.

Oetami, P., & Yuniarti, K. W. (2011). Orientasi Kebahagiaan Siswa SMA,

Tinjauan Psikologi Indegeneous pada Siswa Laki-laki dan Perempuan.

Humanitas , pp. 8, 106-113.

Patnani, M. (2012). Kebahagiaan pada Perempuan. Psikognesis , pp. 1, 56-64.

Seligman, E. P. (2005). Authentic Happiness: Menciptakan Kebahagiaan dengan

Psikologi Positif. Bandung: Mizan Pustaka.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.