Konseling: Kebiasaan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19

samsul rivai harahap

Abstract


Kondisi Pandemi Covid-19 yang terjadi membuat pemerintah memberlakukan belajar daring/ belajar dari rumah. Siswa dituntut harus mampu beradaptasi dengan keadaan yang baru. melalui berbagai jenis layanan konseling dapat membantu siswa dalam meningkatkan kebiasaan belajar selama masa pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kebiasaan belajar siswa di rumah dimasa pandemi covid-19. Hasil yang diperoleh adalah bahwa kebiasaan belajar siswa berada pada kategori sedang sebesar 66,7%. Layanan konseling yang dapat diberikan dalam membantu meningkatkan kebiasaan belajar siswa antara lain konseling individual melalui konseling online dan layanan konsultasi bagi orangtua siswa. 

Full Text:

PDF

References


Achyanadia, S. 2013. Hubungan Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar dengan hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ciseeng. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2 (02): 1-14.

https://covid19.go.id/edukasi/pengantar

Magfirah, dkk. 2015. Pengaruh Konsep Diri dan kebiasaan Belajar terhadap hasil belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatena kepulauan Selayar. Jurnal Matermatika dan Pembelajaran, 03 (01). 103-116.

Prayitno. 2014. Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Padang: UNP Press.

Rosyida, dkk. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Jurnal pendidikan geograffi, 21 (02): 17-28.

Siagian, R.E.F. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar matematika. Jurnal Formatif, 02 (02): 122.131.

Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.